Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Link Live Streaming Pengamatan Gerhana Bulan Total 2021, Catat Waktu Puncak di Masing-masing Daerah

Link Live Streaming untuk menyaksikan proses Gerhana Bulan Total 2021 secara langsung yang terjadi pada Rabu 26 Mei 2021 lewat https://www.bmkg.go.id/

Penulis: Arif Fajar Nasucha
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Link Live Streaming Pengamatan Gerhana Bulan Total 2021, Catat Waktu Puncak di Masing-masing Daerah
Warta Kota/Alex Suban
Gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian terlihat dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019) subuh. Durasi gerhana bulan sebagian ini dapat diamati selama dua jam dan 58,8 menit dari fase awal hingga fase akhir. Warta Kota/Alex Suban 

TRIBUNNEWS.COM - Gerhana Bulan Total (GBT) bakal menghiasi langit Indonesia pada Rabu (26/5/2021), besok.

Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya sinar Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan, dilihat dari Bumi.

Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar.

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, Gerhana Bulan Total ini dapat disaksikan jika kondisi cuaca cerah-berawan dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kaca mata khusus gerhana.

Baca juga: Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021, Ini Waktu Menyaksikan di Masing-masing Daerah

Baca juga: Tata Cara Sholat Gerhana, Gerhana Bulan Total Terjadi Rabu, 26 Mei 2021 Mulai Pukul 15.46 WIB

"Gerhana Bulan Total ini dapat disaksikan jika kondisi cuaca cerah-berawan dan aman disaksikan oleh masyarakat dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kaca mata khusus gerhana," ujuarnya, dikutip dari BMKG.go.id.

Sedangkan pada saat puncak gerhananya, Rahmat mengatakan bahwa di sebagian besar wilayah Indonesia posisi Bulan dekat dengan horizon di bagian Timur sehingga memungkinkan pengamat untuk dapat mengabadikan kejadian gerhana ini dengan latar depan bangunan yang bersejarah atau ikonis.

Ia menambahkan, BMKG akan melakukan pengamatan Gerhana Bulan Total di lokasi-lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia dengan menggunakan teleskop yang dipadukan dengan detektor dan teknologi informasi dan disebarluaskan melalui https://www.bmkg.go.id/gbt.

BERITA REKOMENDASI

Jadi, masyarakat dapat menyaksikan proses Gerhana Bulan Total lewat link live streaming tersebut.

Baca juga: Bacaan Niat Shalat Gerhana Bulan, Tulisan Arab dan Latin, Lengkap dengan Terjemahannya

Jika Anda ingin menyaksikannya secara langsung, berikut proses Gerhana Bulan Total yang akan terjadi tanggal 26 Mei 2021.

1. Fase (P1) Awal Gerhana Bulan mulai pukul 15.46.12 WIB, 16.46.12 WITA, 17.46.12 WIT yang melintas memotong Papua bagian tengah, sehingga pengamat di provinsi Papua dapat menyaksikan seluruh proses terjadinya Gerhana Bulan Total ini.

2. Fase (U1) Gerhana Bulan Sebagian mulai pukul 16.44.38 WIB, 17.44.38 WITA, 18.44.38 WIT, melintas memotong Pulau Sulawesi dan Nusa Tenggara, sehingga pengamat di wilayah Indonesia Timur, Pulau Sulawesi bagian Timur dan Nusa Tenggara Timur dapat menyaksikan kejadian ini.

3. Fase (U2) Gerhana Bulan Total mulai masuk pukul 18.09.21 WIB, 19.09.21 WITA, 20.09.21 WIT melintas memotong Provinsi Riau dan Sumatera Barat, sehingga seluruh pengamat di Indonesia dapat mengamati awal fase totalitas ini, kecuali di sebagian Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

4. Fase Puncak Gerhana Bulan terjadi pukul 18.18.43 WIB , 19.18.43 WITA , 20.18.43 WIT, dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, kecuali di sebagian kecil Riau, sebagian Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

5. Fase (U3) Gerhana Bulan Total berakhir pukul 18.28.05 WIB, 19.28.05 WITA, 20.28.05 WIT melintas membelah Sumatera Utara, sehingga pengamat di seluruh wilayah Indonesia, kecuali sebagian Sumatera Utara dan Aceh, dapat menyaksikan fenomena ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas