Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

OTT Menteri KKP

Saksi Beberkan Edhy Prabowo Pindahkan 8 Unit Sepeda dari Rudin ke Rumah di Bogor

Jaksa lalu membaca BAP milik Alayk soal adanya kegiatan pemindahan barang dari rumah dinas ke rumah pribadi orang tua Iis Rosita Dewi. 

Saksi Beberkan Edhy Prabowo Pindahkan 8 Unit Sepeda dari Rudin ke Rumah di Bogor
Ist
Saksi di Sidang Edhy Prabowo 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tenaga ahli Komisi V DPR, Alayk Mubarok membenarkan ada 8 dari 17 unit sepeda dipindah dari rumah dinas Menteri Kelautan dan Perikanan ke rumah pribadi orang tua istri Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi. Pemindahan terjadi pada Desember 2020 silam.

Hal tersebut dibenarjan Alayk saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan dugaan suap izin ekspor benih lobster (benur) untuk terdakwa Edhy Prabowo, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (25/5/2021).

Mulanya Jaksa Penuntut Umum (JPU) bertanya kepada Alayk perihal keberadaan sepeda di rumah dinas Menteri KP, Widya Chandra, Jakarta Selatan. 

Jaksa lalu membaca BAP milik Alayk soal adanya kegiatan pemindahan barang dari rumah dinas ke rumah pribadi orang tua Iis Rosita Dewi. 

"Dalam BAP itu, Saudara mengatakan, 'Pada saat itu saya melakukan pemindahan bersama dengan tim biro umum dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, diantaranya Mas Gareng'," kata jaksa membaca BAP.

Baca juga: Begini Cara Sespri Edhy Prabowo Sembunyikan Transaksi Uang Dugaan Hasil Korupsi Ekspor Benur

"Saat itu saya menerima laporan pemindahan barang termasuk pemindahan barang pribadi sepeda dari tim Biro Umum Kementerian Kelautan dan Perikanan. Berdasarkan informasi dari Mas Gareng jumlah sepeda yang dikirim ke rumah pribadi orang tua Iis Rosita Dewi di daerah Sentul, Bogor adalah 8 unit sepeda dan sisanya 9 milik BMN KKP benar pak?," sambung jaksa seraya mengonfirmasi ke saksi.

Alayk pun membenarkan hal tersebut. Kata dia, saat itu ada laporan sepeda akan dipindah dari rumah dinas sesuai arahan, mengingat menteri KP yang naru akan menempati rumah dinas tersebut. 

"Betul pak, jadi saat itu saya menerima laporan ada sepeda yang akan dikirim karena seluruhnya akan dipindah dari Widya Chandra ke rumah Bogor sesuai arahan karena menteri baru akan menempati rumah dinas tersebut," ujar Alayk.

"Saya baru dapat laporan bahwa ada 8 unit sepeda yang dipindahkan dan sisanya BMN yang ditinggalkan di Widya Chandra karena menteri baru akan tinggal di situ pada Desember," lanjut dia.

Halaman
12
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas