Tribun

Seleksi Kepegawaian di KPK

Novel Baswedan Doakan 74 Pegawai KPK Bersabar

Ia juga mendorong 74 pegawai KPK yang tidak dilantik menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), agar tetap semangat dan kuat.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Malvyandie Haryadi
Novel Baswedan Doakan 74 Pegawai KPK Bersabar
Tribunnews/Irwan Rismawan
Wartawan mengambil gambar pelantikan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang disiarkan melalui live streaming di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (1/6/2021). KPK resmi melantik 1.271 pegawai yang telah ditetapkan lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan kini berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan meminta teman-temannya bersabar dari ujian dan penindasan yang dilakukan pimpinannya, Ketua KPK Firli Bahuri.

Ia juga mendorong 74 pegawai KPK yang tidak dilantik menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), agar tetap semangat dan kuat.

"Setahu saya yang memaksakan diri untuk dilakukan pelantikan pada hari ini pada 1 Juni 2021 adalah Pak Firli Bahuri. Tidak ada aturan atau norma yang memerlukan pelantikan secara terburu-buru seperti ini. Hal ini menambah keyakinan bahwa ada suatu kepentingan Firli Bahuri untuk menyingkirkan 75 pegawai KPK yang bekerja baik," kata Novel lewat keterangan tertulis, Selasa (1/6/2021).

Novel menduga langkah Firli memaksakan pelantikan pegawai KPK menjadi ASN untuk membuat 74 karyawan lembaga antirasuah yang tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) putus asa atau kecewa.

Meski demikian, bekas anggota Polri itu meyakini motivasi Firli itu tidak akan mempengaruhi komitmen teman-temannya.

Baca juga: 590 Pegawai KPK yang Lulus TWK Dukung Novel Baswedan Dkk, Minta Pelantikan Sebagai ASN Ditunda

Ia juga menilai dirinya dan 74 pegawai KPK lainnya tetap menjaga harapan rakyat dalam upaya memberantas korupsi, walaupun diadang dengan sedemikian rupa.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada kawan-kawan yang dilantik menjadi ASN sebagaimana amanat UU No 19 Tahun 2019 yang telah melewati satu adangan dalam perjuangan memberantas korupsi," kata Novel.

Dia mengharapkan 1.271 pegawai KPK yang dilantik menjadi ASN bisa menjaga integritas, profesional, dan menerapkan nilai-nilai kebaikan yang ada di lembaga antikorupsi itu.

"Serta tidak takut dengan intervensi atau gangguan dari oknum-oknum tertentu yang membela kepentingan koruptor," jelas dia.

Baca juga: Komnas HAM akan Panggil Ketua KPK Firli Bahuri Sikapi Laporan Novel Baswedan

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas