Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Sabtu, 5 Juni 2021: Potensi Cuaca Ekstrem di 19 Wilayah

BMKG merilis peringatan dini cuaca ekstrem hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di 19 wilayah pada Sabtu (5/6/2021).

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Peringatan Dini BMKG Sabtu, 5 Juni 2021: Potensi Cuaca Ekstrem di 19 Wilayah
WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Motor tetap berjalan dibawah guyuran hujan di sertai angin yang menguyur kawasan Bundaran HI, Menteng Jakarta Pusat, Rabu(14/4/2021). Dalam artikel terdapat daftar wilayah yang mendapat peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG pada Sabtu, 5 Juni 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 19 wilayah Indonesia pada Sabtu (5/6/2021).

Sebanyak 11 daerah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Di antaranya adalah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, dan Jawa Barat.

Sementara itu, delapan wilayah lainnya diperkirakan diguyur hujan yang juga dapat disertai petir hingga angin kencang.

Baca juga: Info BMKG Cuaca Sabtu, 5 Juni 2021: Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di 11 Wilayah

Dilansir Bmkg.go.id, Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Pasifik Utara Papua yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Papua hingga Papua Barat serta daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di perairan Utara Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, di Sumatera Barat, dari Pesisir Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Barat.

BERITA TERKAIT

Kemudian, di Kalimantan Barat bag Utara dan Selatan, di Kalimantan Selatan, di Kalimantan Utara, di Kalimantan Timur, dan dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah serta daerah konfluensi terpantau di Pesisir Bengkulu-Lampung, di Banten, di Perairan Selatan Jawa Barat, di Riau dan di Filipina.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Motor tetap berjalan dibawah guyuran hujan  di sertai angin yang menguyur kawasan Bundaran HI, Menteng Jakarta Pusat, Rabu(14/4/2021).
Motor tetap berjalan dibawah guyuran hujan di sertai angin yang menguyur kawasan Bundaran HI, Menteng Jakarta Pusat, Rabu(14/4/2021). Dalam artikel terdapat daftar wilayah yang mendapat peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG pada Sabtu, 5 Juni 2021. (WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN)

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem Sabtu, 5 Juni 2021, dilansir Bmkg.go.id:

Wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang

1. Aceh

2. Sumatera Barat

3. Bengkulu

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas