Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Peringatan Sewindu Wafatnya Taufiq Kiemas, Said Aqil: Beliau Tokoh Nasionalis dan Religius

Megawati dan keluarga besar PDIP menggelar peringatan mengenang sewindu atau delapan tahun wafatnya Ketua MPR RI 2009-2013 Taufiq Kiemas.

Peringatan Sewindu Wafatnya Taufiq Kiemas, Said Aqil: Beliau Tokoh Nasionalis dan Religius
Istimewa
Suasana peringatan Sewindu Wafatnya Ketua MPR RI Periode 2009-2013 Taufik Kiemas di Masjid At Taufiq, Jakarta, Selasa (8/6/2021). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Nicolas Manafe

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama keluarga serta keluarga besar PDI Perjuangan menggelar peringatan mengenang sewindu atau delapan tahun wafatnya Ketua MPR RI 2009-2013 Taufiq Kiemas, Selasa (8/6/2021).

Acara yang digelar secara offline dan online di Masjid At Taufiq Jakarta itu dihadiri Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangaan Megawati Soekarnoputri, pimpinan lembaga tinggi negara, menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Kemudian Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Komjen Pol (Purn) Syafrudin, anggota DPR/MPR RI, kepala dan wakil kepala daerah, pengurus PDI Perjuangan, sayap dan badan partai, serta keluarga besar almarhum Taufiq Kiemas.

Ketua DPR RI yang juga putri almarhum Taufiq Kiemas, Puan Maharani, dalam sambutannya menguraikan kenangannya saat mengalami penggemblengan dari ayahnya Taufiq Kiemas.

“Bagi Keluarga kami, Pak Taufiq bukan hanya sebagai ayah, tetapi juga menjadi guru dan mentor kami dalam kehidupan serta dalam perjuangan politik kami. InsyaAllah saya akan terus menjadikan pedoman dan suri tauladan semua bekal dan pendidikan dari ayah dan ibu saya tercinta,” ujar Puan Maharani dalam keterangannya, Selasa.

Baca juga: Ketika Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj Bercerita Saat Umrah Bareng Almarhum Taufiq Kiemas

Puan mengatakan dirinya banyak belajar dari almarhum Taufiq Kiemas dan Megawati dalam karir politiknya dari Ketua DPP, Menteri, hingga Ketua DPR RI.

Dalam acara yang sama, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menceritakan sosok Taufiq Kiemas sebagai tokoh bangsa yang perannya melintas batas dan sosok humanis yang sangat dekat dengan segala elemen bangsa termasuk dengan keluarga besar Muhammadiyah.

“Pak Taufiq adalah figur yang punya kekuatan luar biasa yang dapat mempertautkan antara keislaman dan kebangsaan dan menjadi teladan serta jembatan bagi kaum Islam dan kaum nasionalis untuk memadukan kemajemukan bangsa demi kemajuan Indonesia,” kata Haedar Nasir.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj mengungkapkan kesaksiannya pada sosok Taufiq Kiemas sebagai tokoh nasionalis religius.

Baca juga: Puan Bersyukur Pernah Digembleng Taufiq Kiemas

Halaman
12
Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas