Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Prabowo Subianto Jadi Presiden Jika Pilpres Digelar Hari Ini Berdasar Hasil Survei SMRC Mei 2021

Tingkat kesukaan responden terhadap Anies Baswedan sebesar 75 persen dari 83 persen responden yang menyatakan tahu sosok Gubernur DKI Jakarta itu.

Prabowo Subianto Jadi Presiden Jika Pilpres Digelar Hari Ini Berdasar Hasil Survei SMRC Mei 2021
Tangkap Layar YouTube Deddy Corbuzier
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tampil di podcast Deddy Corbuzier yang diunggah di channel Deddy Corbuzier, Minggu (13/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden (capres) 2024. Hasil survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) pada Mei 2021 menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo sebagai capres masih berada di posisi teratas di angka 21,5 persen.

Bahkan, jika pemilihan presiden dilakukan hari ini, kata SMRC, Prabowo akan terpilih menjadi presiden.

Manager Program SMRC Saidiman Ahmad mengatakan, Prabowo memenangi pertarungan berdasarkan kecenderungan pemilih pada nama-nama yang beredar selama ini untuk menjadi presiden.

"Yang pertama kami ajukan pertanyaan semi terbuka, kami ajukan daftar nama 42 orang. Lalu kita buka peluang bagi responden untuk nama di luar itu dan kita menemukan Prabowo di urutan pertama dengan perolehan suara 21,5 persen," ujar Saidiman dalam konferensi pers, Minggu (13/6/2021).

Di urutan kedua ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 12,6 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 12 persen, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 5,5 persen.

Kemudian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4,4 persen, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok 4,3 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,2 persen.

Baca juga: Prabowo Ungkap Mengapa Dirinya Jarang Bicara di Media saat Jabat Menhan

Lalu, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini 2,9 persen dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri 2,4 persen.  "Di antara ketua partai Prabowo unggul jauh untuk sementara ini," ujarnya.

Dari pertanyaan semi terbuka, SMRC kemudian melakukan simulasi tertutup dengan membuat daftar 15 nama.

Baca juga: Politisi PDIP: Tantangan Pak Prabowo Cari Cawapres yang Bisa Dongkrak Elektabilitasnya 

"Pada simulasi tertutup 15 nama, siapa yang akan dipilih responden jika pemilihan dilakukan sekarang? Prabowo di urutan pertama," kata Saidiman.

Baca juga: Suara Arus Bawah PDIP di Babel Usulkan Puan Jadi Capres 2024, Begini Tanggapan Pengamat

Prabowo memperoleh 24,4 persen suara responden. Disusul Ganjar 15,7 persen; Anies Baswedan 14,3 persen; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 7,9 persen; dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5,3 persen.

Baca juga: Anies Bertemu Ridwan Kamil di Sumedang, Pengamat: Keduanya Sulit Berpasangan di Pilpres 2024

Halaman
1234
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas