Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kisah Unik

Jenderal M Jusuf Latihan Baris Berbaris Selama 3 Hari Sebelum Jadi Panglima ABRI

Selama 14 tahun berada di luar organisasi militer, Jenderal M Jusuf akhirnya kembali ke barak militer dan langsung menempati posisi Panglina ABRI.

Jenderal M Jusuf Latihan Baris Berbaris Selama  3 Hari Sebelum Jadi Panglima ABRI
Jenderal TNI Leonardus Benjamin Moerdani atau Benny Moerdani, pengganti Jenderal M Jusuf sebagai Panglima ABRI di era Soeharto. 

TRIBUNNEWS.COM - PANGLIMA TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, pensiun pada Desember 2021.

Siapa penggantinya merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo untuk memilih satu di antara tiga kepala staf di TNI, yaitu KSAD, KSAU, atau KSAL.

Pada masa Orde Baru, Panglima TNI (ABRI) selalu berasal dari TNI AD dan saat itu tidak perlu minta persetujuan DPR.

Ada kisah unik menyangkut  pemilihan Panglima TNI di kala itu, semisal ketika Jenderal M Andi Jusuf pada 1978 ditunjuk Presiden Soeharto menggantikan Jenderal TNI Maraden Panggabean.

Menurut catatan Salim Said, pengamat militer Indonesia, dalam buku ‘Dari Gestapu ke Reformasi, Serangkaian Kesaksian’, Penerbit Mizan, 2013, pada saat ditunjuk sebagai Panglima TNI, M Jusuf sudah 14 tahun dikaryakan di lembaga sipil.

Jabatan terakhir Jusuf di militer yaitu sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin. Pada saat itu ia berhasil mengakhiri pemberontakan Kahar Muzakkar di Sulawesi Selatan.

Keberhasilan Jusuf dalam memadamkan pemberontakan itu menarik perhatian Presiden Soekarno (Bung Karno) sehingga ia kemudian dipromosikan sebagai Menteri Perindustrian Ringan pada 1965, dan menjabat hingga 14 tahun kemudian.

Nasib mujur dinikmati Jusuf lewat perannya dalam mendapatkan Surat Perintah 11 Maret (Supersemar) 1966 dari Bung Karno yang menjadi pintu masuk bagi Soeharto untuk meniti kekuasaan.

“Jangan-jangan Pak Jusuf sudah tidak tahu aturan baris berbaris,” bisik Salim Said kepada Letjen TNI Wijono Suyono, saat ia meliput pelantikan M Jusuf di Istana Negara, Jakarta, Maret 1978.

Selama 14 tahun Jusuf berada di luar organisasi militer, telah terjadi perubahan tata baris berbaris ABRI.

Halaman
1234
Penulis: Febby Mahendra
Editor: cecep burdansyah
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas