Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bahas Isu Penanganan Ekonomi Nasional, Lemhannas RI PPRA LXII Studi Lapangan ke Morowali

Di Morowali terdapat 28 perusahaan tambang nikel dan turunannya dengan serapan 40.000 tenaga kerja dengan 5000 diantaranya tenaga kerja asing.

Bahas Isu Penanganan Ekonomi Nasional, Lemhannas RI PPRA LXII Studi Lapangan ke Morowali
IST
Rombongan Lemhannas PPRA LXII 2021 melakukan kunjungan ke Kawasan Industri PT Indonesia Morowali Industrial Park, Morowali. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM - Pemulihan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia terus berlanjut, walaupun pertumbuhan ekonomi Indonesia masih terkontraksi di Triwulan I 2021 sebesar -0,74 persen year on year.

Di sisi eksternal, pulihnya permintaan global meningkat sejalan dengan perbaikan ekonomi Tiongkok dan Amerika, dengan disertai harga komoditas dunia yang meningkat dan perbaikan kinerja ekspor daerah.

Berdasarkan komoditas, Indonesia adalah produsen terbesar nikel primer dunia dengan posisi Indonesia pada pasar Nikel global sebagai produsen nikel “Nickel pig Iron”(NPI) terbesar dengan cakupan 27% menggantikan China dipasar global.

Salah satu pusat episentrum nikel di Indonesia berada di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Sebagai Obyek Srategis Nasional, di Morowali terdapat 28 perusahaan tambang nikel dan turunannya dengan serapan 40.000 tenaga kerja dengan 5000 diantaranya tenaga kerja asing.

Dalam rangka studi lapangan isu strategis nasional, rombongan Lemhannas PPRA LXII 2021 melakukan kunjungan ke Kawasan Industri PT Indonesia Morowali Industrial Park sebagai salah satu prospek program objek vital nasional (Obvitnas).

Baca juga: Bahas soal Papua, Pansus Otsus Raker Bareng Kabais TNI, Wakabin, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas

Mewakili Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) AgusWidjojo, yang sebelumnya dikabarkan akan berkunjungan ke PT IMIP, pimpinan rombongan Mayjen TNI Fajar Setyawan mengatakan, studi lapangan isu strategis nasional yang dilakukan oleh para peserta PPRA LXII tahun 2021 ini merupakan peningkatan kapasitas para kader pemimpin-pemimpin nasional terhadap isu-isu strategis nasional.

Baca juga: Lemhanas Kembali Gelar FGD Kedua Jelang Seminar Nasional PPRA LXII, Ini Hasil-hasilnya

Apalagi, kata Mayjen TNI Fajar Setyawan, posisi Kawasan Industri PT IMIP sebagai Obvitnas tentunya sangat menunjang program ini.

Kehadiran peserta PPRA LXII tahun 2021 di PT IMIP ini, sebagai bentuk peningkatan pemahaman terhadap isu-isu strategis nasional yang sangat dibutuhkan oleh para kader.

Halaman
12
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas