Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pasukan Satgultor Koopsus TNI Latihan Tumpas Aksi Teroris di Gedung DPR RI

Aksi pengambilalihan Gedung DPR RI berlangsung secara dramatis, cepat, dahsyat serta dapat melumpuhkan aksi penyanderaan

Pasukan Satgultor Koopsus TNI Latihan Tumpas Aksi Teroris di Gedung DPR RI
PUSPEN TNI/Puspen TNI
Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor) TNI melalui pendadakkan disertai kecepatan dengan akurasi yang tinggi berhasil mengambil alih Gedung DPR RI dari penguasaan para teroris sekaligus sukses menyelamatkan sejumlah pejabat negara dari aksi penyanderaan kelompok teroris yang menguasai Gedung Nusantara, Minggu (27/6/2021). Komandan Komando Operasi Khusus TNI (Dankoopssus TNI) Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon menyebutkan, penguasaan Gedung Nusantara DPR RI dan pembebasan sandera oleh Satgultor TNI dari aksi terorisme adalah bagian dari skenario latihan yang dilaksanakan oleh Koopssus TNI untuk menguji kesiapsiagaan Satgultor TNI dalam melaksanakan operasi penanggulangan terorisme guna menghadapi berbagai ancaman teror yang setiap saat dapat terjadi. (TRIBUNNEWS/PUSPEN TNI) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Melalui pendadakkan disertai kecepatan dengan akurasi yang tinggi, Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor) Komando Operasi Khusus (Koopsus) TNI berhasil mengambil alih Gedung DPR RI dari penguasaan para teroris.

Selain itu, pasukan elit TNI itu juga sukses menyelamatkan sejumlah pejabat negara dari aksi penyanderaan kelompok teroris yang menguasai Gedung Nusantara pada Minggu (27/6/2021).

Baca juga: Dokter Ahli Jepang Ungkap Bahayanya Varian Delta Covid-19

Aksi pengambilalihan Gedung DPR RI berlangsung secara dramatis, cepat, dahsyat serta dapat melumpuhkan aksi penyanderaan yang dilakukan kelompok teroris tanpa menimbulkan korban jiwa pejabat negara yang disandera tersebut.

Dankoopssus TNI Mayjen TNI Richard TH Tampubolon mengatakan penguasaan Gedung Nusantara DPR RI dan pembebasan sandera oleh Satgultor TNI dari aksi terorisme itu adalah bagian dari skenario latihan.

Baca juga: Bamsoet Apresiasi Kemampuan Satgultor TNI Atasi Terorisme di Gedung MPR RI

Latihan tersebut, kata dia, di antaranya dilakukan guna menguji kesiapsiagaan Satgultor TNI melaksanakan operasi penanggulangan terorisme guna menghadapi berbagai ancaman teror yang setiap saat dapat terjadi.

Latihan tersebut, kata Richard, sengaja dirancang di Gedung DPR RI dengan tujuan untuk menguji kesiapan para prajurit Satgultor TNI yang terdiri dari Satuan 81 Kopassus, Denjaka TNI AL dan Satbravo 90 Paskhas TNI AU, dalam menghadapi aksi terorisme di tengah kota.

"Sehingga kemampuan prajurit Satgultor TNI senatiasa tetap terasah dan siap melaksanakan Operasi Khusus dengan berbagai bentuk medan yang dihadapi,” kata Richard dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Minggu (27/6/2021).

Baca juga: Teroris Pangandaran Latihan Beladiri di Gunung Galunggung Hingga Persiapkan Bahan Peledak

Ia mengatakan meskipun dalam keadaan Pandemi Covid- 19 namun seluruh prajurit Satgultor TNI tetap berupaya melatih diri dan mempersiapkan segala sesuatunya sebagai bentuk kesiapsiagaan sekaligus mengantisipasi setiap ancaman yang bakal terjadi.

Latihan penanggulangan teror oleh Satgultor TNI, kata dia, akan terus dilaksanakan di berbagai tempat guna membekali pengetahuan dan keterampilan kepada prajurit.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas