Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Saatnya Lindungi Anak-anak dari Bahaya Covid-19

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi anak dari Covid-19, termasuk anjuran untuk melakukan vaksinasi Covid-19 pada anak.

Saatnya Lindungi Anak-anak dari Bahaya Covid-19
https://www.freepik.com/
Ilustrasi virus corona 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Covid-19 dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak.

Anak bisa tertular dan menularkan Covid-19.

Berdasarkan data Satuan Tugas Covid-19 hingga 30 Juni 2021 dari total kasus yang terkonfirmasi positif, sebanyak 12,6 persen di antaranya adalah anak-anak.

Berarti 1 dari 8 Pasien Covid-19 di Indonesia adalah anak-anak.

Baca juga: Gubernur Anies: Setiap Hari Ribuan Anak di Ibu Kota Positif Covid-19, Ada yang Terpapar Varian Baru

Oleh karenanya, masyarakat, khususnya orang tua harus memberikan perlindungan maksimal bagi anak agar terhindar dari paparan Covid-19, seperti menerapkan 5 M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, Membatasi mobilitas) dan melakukan 3T (Testing, Tracing dan Treatment), edukasi terkait protokol kesehatan, dan vaksinasi Covid-19 pada anak.

Hal itu disampaikan Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) Nahar pada Webinar Perlindungan Anak dari Covid-19, Kamis (1/7/2021).

“Anak semakin rentan terpapar Covid-19. Kerentanan ini disebabkan karena tertular dari keluarga yang terpapar, tertular dari lingkungan sosial bermain/interaksi anak, lingkungan sosial tempat tinggal anak, lokasi kerumunan saat anak dibawa oleh keluarganya atau saat ia beraktivitas, dan keterbatasan pengetahuan dan kepatuhan anak pada protokol kesehatan. Pantang bagi kita, terutama para orangtua menyepelekan bahaya Covid-19 pada anak,” kata Nahar.

Baca juga: Perdana Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di Jakarta, Pelajar Mengaku Deg-degan dan Senang

Senada dengan Nahar, Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 dr. Bambang Supriyatno mengatakan anak bisa tertular dan menularkan Covid-19.

Oleh karenanya, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi anak dari Covid-19, termasuk anjuran untuk melakukan vaksinasi Covid-19 pada anak.

“Ingat, jangan sekali-sekali berpikir bahwa anak tidak bisa tertular dan menularkan Covid-19. Kita harus mengedukasi anak untuk menerapkan 5 M dan melakukan 3T agar anak terhindar dari paparan Covid-19. Selain itu, jangan ragu untuk melakukan vaksinasi Covid-19 pada anak. Vaksinasi memang tidak mencegah anak agar tidak tertular Covid-19. Namun, ketika anak terkonfirmasi positif Covid-19, dapat mengurangi gejala berat Covid-19 pada anak, atau bahkan menjadi kategori Orang Tanpa Gejala (OTG),” terang dr. Bambang.

Halaman
123
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas