Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Universitas Prasetiya Mulya Selenggarakan Kompetisi Marketing Internasional: Jepang Masih Terdepan

Kompetisi Marketition diikuti oleh mahasiswa program S2 dari berbagai universitas ternama di Indonesia dan luar negeri.

Universitas Prasetiya Mulya Selenggarakan Kompetisi Marketing Internasional: Jepang Masih Terdepan
Universitas Prasetiya Mulya
Pemenang Marketition, Tim Tsukuby Doo dari Universitas Tsukuba, Jepang. 

TRIBUNNEWS.COM - Marketition merupakan kompetisi marketing plan internasional terbesar yang diselenggarakan oleh Universitas Prasetiya Mulya. Dilaksanakan dengan taraf internasional untuk pertama kalinya, kompetisi ini merupakan Marketition yang ke-9 dan juga menjadi salah satu gebrakan karena diadakan secara online dengan mengumpulkan 41 tim mahasiswa pascasarjana baik dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Hari terakhir dari rangkaian acara Marketition diadakan pada 12 Juni 2021, yang dibuka dengan sambutan hangat dari Menteri Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Lutfi dan juga sambutan dari Chief Operation Officer AUTO2000 Ivan P. Sadik. Tak lupa, sambutan juga diberikan oleh Dekan Universitas Prasetiya Mulya, Fathony Rachman.

Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa program S2 dari berbagai universitas ternama di Indonesia seperti Sekolah Tinggi Manajemen PPM, SBM Institut Teknologi Bandung, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Petra, Universitas Gadjah Mada, Sekolah Bisnis Internasional IPMI,  Universitas Atma Jaya, dan Universitas Ciputra.

Tidak hanya itu, peserta dari universitas luar negeri pun turut ikut serta dan berhasil memenangkan kompetisi marketing plan internasional ini. Pemenang berasal dari negeri sakura, yaitu tim Tsukuby Doo dari Universitas Tsukuba, Jepang. Mereka berhasil memberikan solusi marketing kepada Toyota Dealer paling influensial di Indonesia, yaitu AUTO2000 yang juga menjadi pendukung utama serta case provider pada kompetisi bergengsi ini.

“Marketition merupakan salah satu pengalaman terbaik yang saya rasakan selama menjalankan program MBA, karena dalam menghadapi berbagai kasus bisnis nyata di luar sana, kami tidak hanya membutuhkan penelitian sekunder, namun juga penelitian primer yang dapat memperluas dan mempertajam pengetahuan serta pengalaman kami," ujar Hidehiko Dejima, salah satu peserta dari Universitas Tsukuba setelah mengikuti kompetisi yang diikuti oleh 197 partisipan dari berbagai universitas tersebut.

Tidak kalah penting, kompetisi Internasional ini juga mendapatkan penjurian dari 7 panelis dari berbagai latar belakang yang ahli dibidangnya. Mulai dari ahli dalam marketing and sales, business development, finance sampai dengan strategic planning.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Lutfi berikan sambutan di Marketition
Menteri Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Lutfi memberikan sambutan di hari terakhir penyelenggaraan kompetisi Marketition.

Tidak hanya dari Indonesia, terdapat juga panelis dari negeri jiran Malaysia yaitu Dr. Muhammad Fareed selaku akademisi dari Universiti Utara Malaysia. Untuk melengkapi sengitnya penilaian kompetisi ini, terdapat praktisi yang juga menjadi panelis yaitu Bapak Rio Tjahjoadi, S.T. selaku Sales Process Department Head dari AUTO2000.

Dalam perjalanan sampai dengan semifinal, perwakilan dari Prasetiya Mulya pun berhasil lolos sebanyak 2 tim. Walaupun hanya sampai di tahap semifinal, diharapkan di kompetisi berikutnya tuan rumah dapat berperan dan meraih gelar juara.

Pada proses penyisihan semifinal sampai dengan final, tanya jawab berlangsung sangat sengit karena para peserta saling berargumentasi dalam memaparkan solusi kreatifnya terhadap persoalan pemasaran AUTO2000. 

Hasil dari babak penyisihan terpilihlah empat tim yang berhak mendapatkan predikat sebagai berikut:

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas