Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Voxpol Center Sebut Cuma 2 Capres Terkuat Saat Ini Yakni Prabowo dan Ganjar

Voxpol lantas melakukan simulasi paslon, totalnya enam simulasi dengan tiap simulasi menghadirkan tiga paslon.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Voxpol Center Sebut Cuma 2 Capres Terkuat Saat Ini Yakni Prabowo dan Ganjar
Tangkap layar video
Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga survei Voxpol Center merilis hasil surveinya terkait kandidat paslon yang berpotensi maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

Voxpol lantas melakukan simulasi paslon, totalnya enam simulasi dengan tiap simulasi menghadirkan tiga paslon.

"Simulasi tiga pasang capres-cawapres 2024, ini kita buat simulasi yang saya bilang tadi, kita berkeinginan tidak bipolar tapi multipolar, jadi ada 3 paslon presiden dan itu misi agenda kita," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago, saat rilis survei secara daring, Sabtu (3/7/2021).

Baca juga: Survei Voxpol Center: Prabowo Paling Dikenal Publik, Diikuti Sandiaga Uno dan Anies Baswedan 

Adapun dari keenam simulasi itu, tiap kali Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju atau masuk dalam nama paslon yang disebutkan, maka dirinya akan menang terlepas siapapun pasangannya.

"Prabowo Subianto (23,0 persen), Ganjar Pranowo (22.7 persen), dan Anies Baswedan (19,8 persen) masih unggul bila dibandingkan dengan kandidat yang lain," jelas Pangi.

Meski demikian, Pangi menegaskan hanya ada dua kandidat yang relatif kuat dalam enam simulasi yang dilakukan oleh Voxpol Center.

BERITA TERKAIT

Mereka adalah Prabowo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Data ini menegaskan bahwa hanya ada dua kandidat yang relatif kuat sebagai calon presiden saat ini, yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Data ini juga menunjukkan bahwa belum ada capres berpotensi besar sebagai presiden 2024 jika pilpres dilakukan saat survei, selisihnya masih cukup kompetitif dan masih di angka range margin of error," ungkap Pangi.

Adapun simulasi yang pertama adalah jika Pilpres 2024 diikuti paslon Prabowo-Puan, Anies-AHY, dan Ridwan Kamil-Sandiaga.

Hasilnya, Prabowo-Puan memperoleh elektabilitas 26,5 persen. Sementara Anies-AHY 24,2 persen dan Ridwan Kamil-Sandiaga 21,8 persen.

Simulasi kedua adalah jika Pilpres 2024 diikuti paslon Ganjar-Erick Thohir, Puan-Anies, dan AHY-Cak Imin.

Lewat simulasi ini, Ganjar-Erick Thohir memperoleh elektabilitas sebesar 32,6 persen, sementara Puan-Anies sebesar 24,8 persen, dan AHY-Cak Imin 10,8 persen.

Simulasi ketiga adalah jika Pilpres 2024 diikuti paslon AHY-Ridwan Kamil, Puan-Anies, dan Airlangga-Sandi. Hasilnya, AHY-Ridwan Kamil memperoleh elektabilitas 22,9 persen, Puan-Anies 21,2 persen, dan Airlangga-Sandi 20,8 persen.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas