Tribun

Virus Corona

30 Unit Oksigen Konsentrator Tiba dari Singapura, Australia Kirim 1.000 Ventilator

Selain oksigen kosentrator, pemerintah juga akan membeli tujuh unit oksigen generator dan 36.000 ton oksigen untuk 30 hari ke depan.

Editor: Choirul Arifin
30 Unit Oksigen Konsentrator Tiba dari Singapura, Australia Kirim 1.000 Ventilator
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Pekerja sedang melakukan pengisian ulang tabung oksigen di Ferdian Oksigen Jalan Sadewo Utara Blok -E No 2 Semarang, Jawa Tengah, Jumat (9/7/2021). Harga isi ulang tabung untuk 1m3 sebesar 50 ribu, untuk 1.5m3 70 ribu, sedangkan 2m3 di harag 80 ribu. Dalam satu hari rata-rata kita mengisi 80 tabung. Untuk permintaan oksigen saat ini over, terhitung setelah lebaran ini naik sekitar 300 persen. Untuk pelayanan sendiri kita buka mulai pukul 08.00 WIB. (Tribun jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebanyak 30 unit oksigen konsentrator tiba di Indonesia Jumat (9/7/2021). Jumlah ini bagian dari 10 ribu oksigen konsentrator yang dibeli pemerintah Indonesia dari Singapura.

“Jadi 30 unit oksigen konsentrator yang merupakan bagian dari 10.000 unit yang dibeli Pemerintah Indonesia hari ini dikirim dari Singapura melalui penerbangan, sisanya dikirim via laut bersama dengan tabung silinder yang diisi oksigen,” kata Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan, Jumat (9/7).

Selain oksigen kosentrator, pemerintah juga akan membeli tujuh unit oksigen generator dan 36.000 ton oksigen untuk 30 hari ke depan.

“Jadi bukan hanya bantuan atau donasi saja, tetapi juga ada alat kesehatan yang dibeli oleh pemerintah,” jelas Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali ini.

Selain dari oksigen yang dibeli pemerintah, bantuan dari negara sahabat juga berdatangan.

Baca juga: Pasien Covid-19 Melonjak, Jawa-Bali Butuh Oksigen 2.620 Ton Per Hari, Produksi Cuma 1.400 Ton

Jumat kemarin, bantuan alat kesehatan datang dari Pemerintah Singapura untuk Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri. Bantuan ini berupa 200 ventilator dan 256 silinder oksigen kosong 40 liter.

Baca juga: Menelusuri Bisnis Surat Swab PCR Palsu, Dibanderol Bandar Rp 100 Ribu, 3 Sindikat Diangkut Polisi

"Dukungan dari Singapura antara lain berupa, 200 ventilator, 256 tabung oksigen kosong kapasitas 50 liter, masker, sarung tangan, APD, tutup kepala dan alat kesehatan lainnya," tulis pernytaan Kemlu Indonesia, Jumat kemarin.

Kemlu RI menyatakan dukungan tersebut dikirim melalui jalur udara dan akan terdapat beberapa dukungan yang akan dikirim melalui jalur laut.

Bantuan dari Singapura juga datang dari Kementerian Pertahanan Singapura untuk Kementerian Pertahanan Indonesia berupa alat-alat pelindung kesehatan.

Baca juga: Kisah Haru Mahasiswa Program Dokter Spesialis Unair Meninggal oleh Covid-19, Susul Ayah Hadap Ilahi

Bantuan tersebut berupa 756 oksigen silinder, 600 oksigen konsentrator, 220 ventilator dan perlengkapan APD, termasuk masker bedah, masker N95, dan kelengkapan alat bedah (APD).

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas