Tribun

Virus Corona

Khusus untuk Nakes, Vaksinasi Dosis Ke-3 Pakai Moderna Mulai Pekan Depan

Pemilihan vaksin Moderna berdasar hasil diskusi dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan BPOM.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Khusus untuk Nakes, Vaksinasi Dosis Ke-3 Pakai Moderna Mulai Pekan Depan
Tribunnews/Herudin
Tenaga kesehatan memberikan suntikan vaksinasi Covid-19 kepada warga di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Bunga Rampai 3, Jakarta Timur, Jumat (9/7/2021). Kegiatan vaksinasi Covid-19 ini menggunakan mobil vaksin keliling yang belum lama diluncurkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Terdapat 16 mobil vaksin keliling yang beroperasi di Jakarta. Dengan mobil vaksin keliling, dapat mempercepat vaksinasi Covid-19 sehingga cepat mencapai herd immunity alias kekebalan komunitas. Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah akan mulai melakukan vaksinasi corona dosis ketiga. Vaksinasi ini khusus diberikan bagi para tenaga kesehatan (Nakes).

Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, vaksinasi ketiga terhadap para nakes ini nantinya akan menggunakan vaksin Moderna.

"Vaksinasi ketiga sudah disetujui Pak Menko [Airlangga]. Karena kondisi vaksinasi belum mencakup seluruh target, maka penting hanya diberikan kepada tenaga kesehatan," kata Budi Gunadi saat konferensi pers virtual, Jumat (9/7/2021).

Nakes di Indonesia sebelumnya sudah menerima dua dosis vaksin Sinovac pada awal tahun ini. Budi menyebut nakes merupakan kelompok prioritas yang harus dilindungi dari virus Covid-19, terutama dari varian baru.

"Karena nakes kita itu yang setiap hari bertemu dengan virus yang tinggi sekali kadarnya dan mereka harus kita lindungi mati-matian agar mereka bisa konsentrasi bekerja," tambah dia.

Baca juga: Kisah Haru Mahasiswa Program Dokter Spesialis Unair Meninggal oleh Covid-19, Susul Ayah Hadap Ilahi

Pemilihan vaksin Moderna berdasar hasil diskusi dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM.

"Kami sudah berdiskusi dengan BPOM dan ITAGI sebagai penasihat independen mengenai vaksinasi ini, dan sudah menyetujui bahwa vaksinasi ketiga akan diberikan menggunakan vaksin Moderna," kata Budi dalam konferensi pers, Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Menelusuri Bisnis Surat Swab PCR Palsu, Dibanderol Bandar Rp 100 Ribu, 3 Sindikat Diangkut Polisi

Budi berharap, dengan diberikannya suntikan vaksin ketiga kepada nakes dapat memberikan kekebalan tubuh.

Budi mengatakan, nakes harus terlindungi dengan maksimal agar bisa melaksanakan tugas-tugasnya. "Mereka harus kita lindungi mati-matian agar bisa konsentrasi bekerja," ucap dia.

Baca juga: Sistem Kesehatan di Indonesia Terancam Kekurangan Nakes, Meski Sudah Divaksinasi

Vaksin Moderna rencananya akan tiba di Indonesia pada Minggu (11/7). Vaksin yang segera tiba ini merupakan bantuan dari pemerintah AS lewat skema COVAX.

Jumlah yang dijanjikan sebanyak 4 juta dosis. Tapi, Budi belum menjelaskan berapa dosis yang tiba nanti. Budi merencanakan agar vaksinasi ketiga untuk nakes ini mulai dilakukan pekan depan.

Sementara itu untuk detail pelaksanaan, Budi mengatakan akan menyusul kemudian. "Vaksin Moderna akan datang di hari Minggu, dan diharapkan mulai minggu depan sudah kita mulai (vaksinasi ketiga)," ucap dia.

Moderna merupakan vaksin dengan platform mRNA pertama yang akan digunakan di Indonesia.

Efikasi atau kemanjuran vaksin Moderna mencapai 94 persen. BPOM mengatakan bahwa vaksin Moderna sudah masuk daftar emergency use listing (EUL) dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Bahkan, BPOM menyebut vaksin Moderna manjur melawan mutasi virus corona varian B117 Alpha, B1351 Beta, dan P1 Gamma. Sementara untuk varian B1617 Delta masih belum dilaporkan bukti terkini.(tribun network/fik/rin/dod)

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas