Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Ketua MPR Minta Pemerintah Pertimbangkan Mal Dibuka Kembali dengan Syarat

Bambang Soesatyo mendukung agar pemerintah mempertimbangkan pusat perbelanjaan ataupun mal bisa kembali dibuka dengan syarat.

Ketua MPR Minta Pemerintah Pertimbangkan Mal Dibuka Kembali dengan Syarat
Tribunnews/Jeprima
Suasana Mal Senayan City pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/6/2020). Mal Senayan City siap menyambut pengunjung setianya pada Senin (15/6). Memasuki new normal, mal ini akan meningkatkan dan menerapkan berbagai prosedur dan protokol baru bagi pengunjung selama masa PSBB transisi hingga seterusnya untuk kenyamanan para pengunjung. Dimulai dari signage (tanda/papan informasi) area penggunaan wajib masker, pengecekan suhu tubuh, penggunaan hand sanitizer berbasis alkohol, jaga jarak minimal 1 meter, UV-C sterilizer for shopping bags, hingga touchless experience seperti di area lift dan beberapa titik yang sering digunakan oleh pengunjung. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, mendukung harapan KADIN Indonesia agar pemerintah mempertimbangkan pusat perbelanjaan ataupun mal bisa kembali dibuka dengan syarat para pegawai toko dan pengunjung menunjukkan bukti (kartu) vaksin dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tujuannya, agar roda perekonomian yang sempat tersendat selama pandemi Covid-19 bisa kembali menggeliat.

"Saya bersama KADIN Indonesia berharap pemerintah dapat mempertimbangkan untuk segera membuka kembali pusat perbelanjaan ataupun mal. Hanya saja bagi pegawai toko dan pengunjung yang ingin memasuki pusat perbelanjaan harus menunjukkan bukti sertifikat vaksin. Pusat perbelanjaan pun harus menyiapkan tempat vaksinasi bagi pengunjung yang belum divaksin," kata Bamsoet usai membuka pelaksanaan vaksinasi Covid-19 serta menyerahkan 200 paket bantuan vitamin Covid-19 dari Menteri BUMN Erick Tohir di Garden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Ketua DPR RI ke-20 ini menuturkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 diselenggarakan Dinas Kesehatan DKI Jakarta bekerja sama dengan organisasi kemasyarakatan Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS), Forum Komunikasi Putra-Putri TNI-Polri dan Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI), Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), Motor Besar Indonesia (MBI), Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), Hotel Sultan Jakarta, serta RS Islam Jakarta Cempaka Putih.

Baca juga: Bagikan Bantuan, Menhub dan Kakorlantas Ungkap Peran Penting Pengemudi Ojol Selama PPKM Darurat

"Target vaksinasi Covid-19 menyasar 10 ribu lebih pelajar SMP, SMA, madrasah aliyah, pesantren, masyarakat umum serta penyandang disabilitas. Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyiapkan vaksinnya, RS Islam Jakarta Cempaka Putih menyiapkan tenaga medis, serta para sponsor seperti GERAK BS, FKPPI, IMI, MBI, dan APLI menyiapkan sarana dan prasarana seperti jarum suntik dan teknis administrasinya lainnya," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menjelaskan, melalui gotong royong tersebut, para sponsor telah membantu meringankan beban kerja pemerintah pusat dan daerah untuk mensukseskan target vaksinasi covid-19 nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, 2 juta dosis vaksin per hari.

Sekaligus meringankan beban keuangan pemerintah karena tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk sewa tempat, pembelian jarum suntik, hingga honorarium tenaga medis, karena seluruhnya sudah ditanggung oleh pihak sponsor.

"Sekaligus menjadi inspirasi agar dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten di berbagai daerah lainnya bisa menggandeng ormas serta pihak-pihak yang memiliki kecintaan terhadap bangsa," ujarnya.

"Sehingga bisa bergotong royong mempercepat vaksinasi covid-19 kepada warga masyarakat di daerahnya masing-masing. Semakin cepat pelaksanaan vaksinasi, semakin cepat herd immunity tercapai, semakin cepat pula kita keluar dari pandemi Covid-19," lanjut Bamsoet.

Halaman
12
Penulis: chaerul umam
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas