Tribun

Mabes Polri Turun Tangan Terkait Dugaan Kebocoran 2 Juta Data Nasabah

Terpisah, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga melakukan langkah cepat dalam mengusut dugaan kebocoran data pribadi BRI Life.

Editor: Hendra Gunawan
Mabes Polri Turun Tangan Terkait Dugaan Kebocoran 2 Juta Data Nasabah
IST
Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Bareskrim Mabes Polri ikut turun tangan terkait dugaan adanya kebocoran 2 juta data nasabah BRI Life di forum internet.

Data itu dijual di RaidForums dengan harga 7.000 dollar AS atau sekitar kurang lebih Rp 105 juta.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto menyampaikan kasus tersebut kini tengah ditangani Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri.

"Sedang dilidik Dittipideksus," kata Komjen Agus Andrianto saat dikonfirmasi Tribun, Rabu (28/7).

Ia menuturkan penyelidikan sementara bahwa kebocoran data itu berkaitan dengan data perbankan. Namun tidak dijelaskan secara lebih rinci terkait kasus tersebut.

"Terkait perbankan. Data BRI Life. Datanya dugaan kan dari sana," ujar Agus.

Baca juga: 21 Juta Dosis Vaksin Sinovac Dialokasikan untuk Pelaksanaan Vaksin Bulan Agustus

Sementara itu BRI Life bersama dengan tim independen juga melakukan penelusuran jejak digital dalam rangka investigasi terkait dugaan pencurian data nasabah perseroan. Corporate Secretary BRI Life Ade Nasution mengatakan, BRI Life menjamin hak pemegang polis sesuai dengan polis yang dimiliki.

“BRI Life terus melakukan upaya maksimal untuk melindungi data pemegang polis melalui penerapan tata kelola teknologi informasi dan tata kelola data sesuai ketentuan dan standar serta peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Ade.

Menurutnya, terkait dugaan pencurian tersebut, perseroan juga akan melaporkan dan berkoordinasi dengan pihak berwajib untuk diproses lebih lanjut. Ia memastikan, BRI Life tidak pernah memberikan data pribadi kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Perbedaan SIM C, C1, dan C2 untuk Pengendara Bermotor, Jenis SIM C1 Mulai Berlaku Agustus 2021

“BRI Life berkomitmen untuk terus memberikan perlindungan asuransi jiwa bagi sebanyak mungkin masyarakat di Indonesia dengan terus mengembangkan penerapan prinsip tata kelola yang baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Ade.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas