Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Ini yang Akan Dilakukan Menkumham Agar Bansos yang Disalurkan Tepat Sasaran

Pernyataan tersebut disampaikan Yasonna kepada Kepala Kanwil Kemenkumham yang diwakili oleh Kakanwil Jawa Timur Krismono.

Ini yang Akan Dilakukan Menkumham Agar Bansos yang Disalurkan Tepat Sasaran
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly saat penyaluran bantuan sosial sembako dalam tema 'Kumham Peduli Kumham Berbagi' secara virtual, Kamis (29/7/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM RI (Menkumham) Yasonna Laoly meminta seluruh jajaran Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham untuk melakukan pendataan masyarakat secara detail agar penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) sembako tepat sasaran.

Hal itu diminta Menteri Yasonna sejalan dengan progam 'Kumham Peduli Kumham Berbagi' yang diinisiasi Kemenkumham sebagai upaya membantu meringankan beban masyarakat di Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Yasonna kepada Kepala Kanwil Kemenkumham yang diwakili oleh Kakanwil Jawa Timur Krismono.

"Mohon agar betul-betul didata dengan baik ya penerima-penerima bantuan yang sangat membutuhkan," kata Menteri Yasonna dalam penyaluran bantuan sosial Kemenkumham secara virtual, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Geram Dengar Curhat Ibu-ibu Bansos-nya Dipotong, Risma: Ayo Sebut Namanya Siapa, Ada Polisi di Sini

Penekanan terkait pendataan itu dilakukan, karena menurut hematnya, kerap sekali terjadi bantuan sosial yang disalurkan Pemerintah tidak sampai secara merata kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hal itu karena kata dia, banyak masyarakat yang tidak terdeteksi atau terdata dengan baik oleh pemerintah setempat.

"Kita tahu bahwa bantuan sosial dari pemerintah mungkin ada yang tidak kebagian, tidak dapat menjangkau orang-orang yang lain yang mungkin saja tidak terdeteksi dalam data-data bantuan sosial pemerintah," ucapnya.

Dirinya menyoroti secara serius beberapa kalangan masyarakat yang diharuskan menerima bantuan ini, termasuk para pemilik usaha kecil warung makan.

Tak hanya itu, para pekerja jalanan juga menjadi prioritas yang ditekankan oleh Menkumham untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Halaman
123
Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas