Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Hingga 2020, Ada 191 Orang yang Telah Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

Kementerian Sosial Muhardjani mengungkapkan hingga 2020 sudah ada 191 orang yang telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Hingga 2020, Ada 191 Orang yang Telah Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional
Tangkapan Layar: Youtube BPPK Kemlu
Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial (K2KRS) Kementerian Sosial Muhardjani dalam Webinar Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Ali Sastroamidjojo bertajuk "Peran dan Jasa Bapak Ali Sastroamidjojo Dalam Pemerintahan dan Diplomasi Indonesia yang disiarkan di kanal Youtube BPPK Kemlu pada Jumat (30/7/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial (K2KRS) Kementerian Sosial Muhardjani mengungkapkan hingga 2020 sudah ada 191 orang yang telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Mereka, kata Muhardjani, tersebar dari berbagai Provinsi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya dalam Webinar Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Ali Sastroamidjojo bertajuk "Peran dan Jasa Bapak Ali Sastroamidjojo Dalam Pemerintahan dan Diplomasi Indonesia" yang disiarkan di kanal Youtube BPPK Kemlu pada Jumat (30/7/2021).

"Jumlah Pahlawan Nasional per Provinsi sampai dengan tahun 2020 jadi total, untuk informasi bagi kita semua, termasuk saya yang baru di Ditektorat K2KRS, jadi kita ini ternyata sudah memiliki 191 Pahlawan Nasional yang tersebar di berbagai Provinsi di Indonesia," kata Muhardjani.

Muhardjani juga menjelaskan gambara sebaran Pahlawan Nasional tersebut berdasarkan Provinsi.

Baca juga: Saat Sekjen PAN Sebut Petugas Pemakaman Juga Pahlawan di Tengah Pandemi

Dari Pulau Sumatera, kata dia, total sudah ada 43 orang yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional mulai dari Lampung, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Nangsore Aceh Darussalam. 

"Ini beberapa contoh yang bisa saya sampaikan dari Aceh misalnya itu Teuku Umar, Cut Nyak Dien dan selanjutnya," kata Muhardjani.

Pulau Jawa, kata dia, merupakan daerah dengan orang paling banyak yang telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional yakni 100 orang.

Mereka, kata dia, tersebar dari DIY, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

"Kalau nanti Pak Ali Sastroamidjojo, berarti masuk di Jawa Tengah, akan menambah lagi jumlah pahlawan yang saat ini 28," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas