Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
TribunNews | PON XX Papua
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

IATI: Pandemi Covid-19 Dorong Percepatan Sistem Berbasis Online

Covid-19 turut berdampak pada seluruh sektor penopang perekonomian yang juga terkait dengan konsep perindustrian dan perdagangan.

IATI: Pandemi Covid-19 Dorong Percepatan Sistem Berbasis Online
ist
Ketua Umum Ikatan Auditor Teknologi Indonesia (IATI) Hammam Riza, dalam virtual Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IATI, Sabtu (31/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) turut berdampak pada seluruh sektor penopang perekonomian yang juga terkait dengan konsep perindustrian dan perdagangan.

Ketua Umum Ikatan Auditor Teknologi Indonesia (IATI) Hammam Riza mengatakan situasi ini pun akhirnya mendorong percepatan pengimplementasian konsep contactless system.

Ini yang membuat konsep perindustrian dan perdagangan kini bergeser ke sistem berbasis online lantaran mengandalkan transformasi digital.

Baca juga: Kisah Uus, Mantan Chef Hotel Jualan Surabi, Dagangannya Kini Sepi karena Pandemi

"Pandemi ternyata telah mempercepat konsep contactless system dalam sistem perindustrian dan perdagangan atau menjadi sistem yang berbasis online yang semuanya mengandalkan Transformasi Digital dan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi," ujar Hammam, dalam virtual Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IATI, Sabtu (31/7/2021).

Baca juga: Terhantam Pandemi Covid-19, Lion Air Group Rumahkan 8.000 Karyawan

Ia menambahkan, pembangunan ekonomi dan industri internasional juga berkembang secara cepat dan semakin kompetitif seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi.

"Penguasaan dan kecermatan pemilihan teknologi menjadi penentu kunci dalam persaingan dan keberlanjutan industri," kata Hammam.

Hammam yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ini mengakui bahwa semua perubahan yang terjadi saat ini dan mengarah pada transformasi digital merupakan dampak dari lamanya pandemi Covid-19 yang telah berlangsung nyaris satu setengah tahun ini.

"Kondisi pandemi ini telah mengubah hampir semua tatanan sistem sosial masyarakat termasuk tatanan perekonomian, di mana di dalamnya adalah konsep perindustrian dan perdagangan," pungkas Hammam.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas