Tribun

Virus Corona

Bantuan Kuota Internet, Nadiem Minta Kepala Sekolah Perbarui Data Nomor HP Siswa dan Guru

Nadiem Makarim meminta kepala satuan pendidikan untuk memperbaharui data warga pendidikannya untuk menerima bantuan kuota internet.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
Bantuan Kuota Internet, Nadiem Minta Kepala Sekolah Perbarui Data Nomor HP Siswa dan Guru
Tribunnews/Jeprima
Siswa menggunakan fasilitas WiFi gratis saat mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh di Balai Warga Kelurahan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (27/8/2020). Kelurahan Kuningan Barat menyediakan fasilitas jaringan internet atau WiFi gratis yang dapat digunakan pelajar guna meringankan beban orang tua murid terkait kebutuhan kuota internet untuk pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Covid-19. Tribunnews/Jeprima 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim meminta kepala satuan pendidikan untuk memperbaharui data warga pendidikannya untuk menerima bantuan kuota internet.

Pembaharuan data, kata Nadiem, dilakukan di sistem data pokok pendidikan (Dapodik) dan pangkalan data pendidikan tinggi (PD Dikti).

"Kepala satuan pendidikan perlu segera memutakhirkan, memperbarui data siswa mahasiswa, guru dan dosen, termasuk nomor telepon pada sistem data pokok pendidikan dan pangkalan data pendidikan tinggi," kata Nadiem dalam konferensi pers virtual, Rabu (4/8/2021).

Pemutakhiran data itu, kata Nadiem, dilakukan agar para siswa, guru, mahasiswa dosen benar-benar mendapatkan bantuan kuota.

Baca juga: Pelajar dan Tenaga Kependidikan Bakal dapat Bantuan Kuota Internet, Ini Rinciannya

Selain itu pemutakhiran juga diperlukan mengingat sekolah maupun perguruan tinggi baru saja menerima siswa ataupun mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022.

"Ini harus dilakukan Segera, karena tentunya kita masuk dalam tahun ajaran baru, akan banyak murid baru yang harus diisi," ucap Nadiem.

Dalam pengajuannya, kepala satuan pendidikan diminta mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) pada vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk PAUD, pendidikan dasar, dan menengah) atau kuotadikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi) selambat-lambatnya pada 31 Agustus 2021.

Seperti diketahui, pemerintah menganggarkan Rp2,3 triliun untuk bantuan kuota Internet ini.

Bantuan ini akan disalurkan kepada 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru dan dosen.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas