Tribun

Kemensos Siap Penuhi Arahan Presiden Soal Perluasan Penerima Tanda Kehormatan SLKS Tahun 2021

Calon penerima SLKS bisa diusulkan seperti sosok pegiat penanganan Covid-19 di media sosial, tenaga kesehatan, dokter, tenaga medis.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
Kemensos Siap Penuhi Arahan Presiden Soal Perluasan Penerima Tanda Kehormatan SLKS Tahun 2021
Net
Logo Kementerian Sosial RI

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar penerima penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial (SLKS) tahun 2021 diperluas kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial.

Maupun unsur masyarakat yang mendharmabaktikan secara sukarela terkait penanganan pandemi Covid-19.

"Setiap tahun Presiden RI memberikan penghargaan terhadap individu yang dinilai telah berjasa dan berkontribusi nyata terhadap kesejahteraan sosial dan kemanusiaan," ujar Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Sesmilpres sekaligus Ketua Tim Penilai SLKS Tahun 2021 Ludi Prasetyo melalui keterangan tertulis, Kamis (5/8/2021).

Penghargaan dari Presiden tersebut diberikan oleh Kementerian Sosial RI melalui Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial dalam rangkaian perhelatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

Plt Sekretaris Ditjen Pemberdayaan Sosial, Kemensos, Laode Taufik Nuryadin merespon arahan Presiden yang harus diwujudkan.

Sebab, SLKS merupakan salah satu bentuk apresiasi langsung dari Presiden RI.

Calon penerima bisa diusulkan seperti sosok pegiat penanganan Covid-19 di media sosial, tenaga kesehatan, dokter, tenaga medis, penggali kubur pasien covid19, pengantar ekspedisi bantuan sosial, personel Polisi dan TNI yang mengawal PPKM, pengajar, serta pengusaha UMKM.

"Kita bisa melihat kredibilitas dan profiling calonnya. Jika SLKS tidak bisa maka juga diberikan apresiasi melalui penghargaan setingkat Menteri Sosial yang diberikan langsung oleh Menteri Sosial," tutur Laode.

Baca juga: Anies Baswedan Dapat Penghargaan Anugerah PWI Jaya Award, Cak Herry: Kontribusi Anies ke Pers Besar

Sebelumnya, rapat usulan calon penerima tanda kehormatan SLKS 2021 telah digelar secara daring maupun luring yang dihadiri oleh Tim Penilai SLKS dari Lintas Kementerian/Lembaga di antaranya Sekretaris Militer Presiden (Setmilpres), Kejaksaan Agung, Kepolisian Republik Indonesia dan Badan Intelejen Negara (BIN).

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas