Tribun

Kasus Pengadaan Tanah di Munjul

KPK Gali Kedekatan Wakil Ketua DPRD M Taufik, Pengusaha Rudi Hartono dan Program Rumah DP 0 Rupiah

Bukan hanya soal penganggaran, KPK menduga Taufik mengetahui transaksi tanah tersebut yang akhirnya dibeli Perusahaan Umum Daerah

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Hendra Gunawan
KPK Gali Kedekatan Wakil Ketua DPRD M Taufik, Pengusaha Rudi Hartono dan Program Rumah DP 0 Rupiah
Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV
Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri menegaskan pihaknya tak pernah menetapkan Muhammad Nazaruddin sebagai justice collaborator yang kini telah bebas. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik mengetahui proses pengadaan tanah di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, yang kini menjadi bancakan rasuah.

Atas dugaan itu, tim penyidik lembaga antirasuah memeriksa Taufik sebagai saksi untuk tersangka mantan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Pembangunan Sarana Jaya Yoory Corneles Pinontoan (YRC) pada Selasa (10/8/2021).

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri membeberkan, penyidik menanyakan sejumlah materi, yang utamanya yaitu proses penganggaran serta jual beli tanah Munjul dan kedekatan Taufik dengan pengusaha Rudi Hartono Iskandar (RHI).

Baca juga: Kasus Korupsi Tanah Munjul, KPK Periksa Staf Penilai KJP Wahyono Adi dan Rekan

Rudy yang merupakan Direktur PT Aldira Berkah Abadi Makmur (ABAM) dan juga pemilik showroom mobil mewah adalah tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul.

"Tim penyidik mendalami pengetahuan saksi antara lain terkait dengan pengusulan dan pembahasan anggaran untuk BUMD di Pemprov DKI Jakarta yang salah satunya pengadaan tanah di Munjul Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur," ujar Ali dalam keterangannya, Kamis (12/8/2021).

Bukan hanya soal penganggaran, KPK menduga Taufik mengetahui transaksi tanah tersebut yang akhirnya dibeli Perusahaan Umum Daerah Pembangunan Sarana Jaya dari PT Adonara Propertindo.

Baca juga: Kasus Mafia Tanah Munjul, KPK Periksa Plt Sekda DKI Sri Haryati

"Saksi juga dikonfirmasi mengenai pengetahuannya terkait proses jual beli tanah tersebut dan perkenalan saksi dengan tersangka RHI," kata Ali.

Dalam pemeriksaan itu, KPK bukan hanya memeriksa Taufik.

Penyidik juga menggarap Pelaksana Harian Badan Pembinaan BUMD Periode 2019, Riyadi, untuk tersangka Yoory.

Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra M Taufik di balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020).
Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Gerindra M Taufik  (Tribunnews.com/ Danang Triatmojo)
Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas