Tribun

HUT Kemerdekaan RI

Detik-detik Pengibaran Sang Saka Merah Putih di Istana Merdeka

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun ini hanya akan dihadiri oleh undangan terbatas yang terlibat dalam

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Detik-detik Pengibaran Sang Saka Merah Putih di Istana Merdeka
Sekretariat Presiden
Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Waktu menunjukkan pukul 07.00 WIB, tapi sang mentari masih tampak tersipu malu. Seolah cahayanya sedang berlindung dibalik cengkraman awan di ujung ufuk timur. Angin sepoi-sepoi, cenderung dingin, agak menusuk tulang bagi masyarakat yang beraktivitas di luar. 

Warna merah putih dalam bentuk bendera jadi pemandangan umum di Ibukota. DKI Jakarta juga nampak berganti rupa, kemacetan yang menjadi santapan sehari-hari lenyap hari ini.

Ah mungkin karena tanggalan merah, memperingati hari kemerdekaan Indonesia. 76 tahun silam, tepatnya 17 Agustus 1945, Indonesia terbebas dari penjajah dengan mengklaim kemerdekaannya. 

Terkini, kawasan sekitar Istana Merdeka, Jakarta Pusat, dijaga ketat oleh aparat penegak hukum hingga TNI. Polisi juga menutup sebagian akses jalan menuju Istana Merdeka

Pantauan Tribunnetwork, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun ini hanya akan dihadiri oleh undangan terbatas yang terlibat dalam rangkaian upacara peringatan. 

Hal tersebut dilakukan untuk lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat karena pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia dalam upacara-upacara kenegaraan. Demikian juga pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, (17/8/2021). Pada kesempatan kali ini, Presiden memilih untuk mengenakan pakaian adat Pepadun dari Provinsi Lampung.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia dalam upacara-upacara kenegaraan. Demikian juga pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, (17/8/2021). Pada kesempatan kali ini, Presiden memilih untuk mengenakan pakaian adat Pepadun dari Provinsi Lampung. (Sekretariat Presiden)

Adapun tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih kali ini bernama Tim Indonesia Tangguh. 

Ardelia Muthia Zahwa, yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara, terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. 

Ardelia berharap nantinya dia bisa menjalankan tugasnya selaku pembawa bendera Merah Putih dengan lancar. 

"Alhamdulillah senang banget. Saya berterimakasih kepada orang tua yang sudah mendoakan saya dan teman-teman semua. Semoga nanti di pelaksanaan, kami bisa menjalankan tugas dengan sukses dan juga berjalan dengan lancar," ujar Ardelia, seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (17/8/2021). 

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas