Tribun

BLBI

Kabareskrim Tegaskan Komitmen Polri Kawal Satgas BLBI

Agus Andrianto menegaskan komitmen Polri untuk mengawal Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI)

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Kabareskrim Tegaskan Komitmen Polri Kawal Satgas BLBI
Tangkapan Layar: Kanal Youtube Ministry of Finance Republic Indonesia
Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto saat sambutan pada acara Seremoni Penguasaan Aset Eks BLBI oleh Satgas BLBI di Tangerang pada Jumat (27/8/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto menegaskan komitmen Polri untuk mengawal Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI) dalam menjalankan tugasnya.

Tidak hanya itu, Agus mengatakan jajaran Kepolisian juga akan melakukan proses hukum apabila dalam pelaksanaan hak tagih negara terhadap BLBI.

Hal tersebut disampaikannya saat sambutan pada acara Seremoni Penguasaan Aset Eks BLBI oleh Satgas BLBI di Tangerang yang disiarkan di kanal Youtube Ministry of Finance Republic Indonesia pada Jumat (27/8/2021).

"Kami jajaran kepolisian akan melakukan upaya penegakkan hukum apabila dalam pelaksanaannya timbul ekses yang dapat mengganggu kebijakan dan keputusan pemerintah untuk mengembalikan hak negara tersebut," kata Agus.

Agus juga berharap agar Tuhan memberikan kemudahan kepada semua pihak yang berniat baik mengembalikan hak-hak negara tersebut.

"Semoga Allah SWT memberikan kemudahan kepada semua pihak yang memiliki niat untuk mengembalikan hak-hak negara," kata Agus.

Satgas BLBI yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 6 Tahun 2021 telah melakukan serangkaian strategi, program, dan kegiatan guna pengembalian hak tagih kepada negara dengan upaya penagihan obligor dan debitur serta penanganan aset properti yang dilakukan secara bertahap dan terukur. 

Baca juga: Mahfud MD Ancam Pidanakan Obligor dan Debitur BLBI yang Mangkir Lunasi Utangnya

Salah satu upaya penanganan aset properti yang dilakukan adalah penguasaan aset tanah dan bangunan melalui pemasangan plang pengamanan yang bertujuan untuk penyelesaian dan pemulihan hak negara dari dana BLBI oleh Satgas BLBI

Penguasaan fisik melalui pemasangan plang pengamanan dilaksanakan secara serentak pada Jumat 27 Agustus 2021 terhadap 49 bidang tanah seluas 5.291.200 m2 di Medan, Pekanbaru, Tangerang, dan Bogor.

Tanah tersebut yakni 44 bidang tanah seluas 251.992 m2 di Perumahan Lippo Karawaci, Kelapa Dua, Tangerang.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas