Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Sabtu, 4 September 2021: Potensi Cuaca Ekstrem di Jambi hingga Papua

BMKG merilis peringatan dini cuaca ekstrem hujan ringan hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang di 19 wilayah pada Sabtu (4/9/2021).

Peringatan Dini BMKG Sabtu, 4 September 2021: Potensi Cuaca Ekstrem di Jambi hingga Papua
TRIBUN JABAR/ZELPHI
Hujan yang cukup deras turun diseputaran Jalan Urip Sumohardjo, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Kamis (19/11/2020). Dalam artikel terdapat daftar wilayah yang mendapat peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG pada Sabtu (4/9/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 19 wilayah Indonesia pada Sabtu (4/9/2021).

BMKG memperkirakan, sebanyak 15 daerah yang berpotensi alami hujan lebat dapat disertai petir dan angin kencang.

Wilayah tersebut, meliputi Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, dan Papua.

Sementara itu, empat wilayah lainnya berpotensi hujan dapat disertai petir hingga angin kencang.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG, Sabtu 4 September 2021: Potensi Gelombang Tinggi hingga 6 M di 8 Perairan

Dikutip dari Bmkg.go.id, sirkulasi siklonik terpantau di Selat Makassar hingga Sulawesi Tengah bagian Timur yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Flores hingga Kalimantan Selatan dan di Sulawesi Tenggara.

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di perairan Utara Halmahera dan di Samudera Pasifik Timur Filipina yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Papua Barat hingga perairan Utara Papua Barat.

Kemudian, membentuk daerah konfluensi yang terpantau di Laut Sulawesi bagian Utara dan perairan Tenggara Filipina.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di Kep. Riau, dari Sumatera Selatan hingga perairan Barat Bengkulu, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di perairan Utara dan Selatan NTT.

Selanjutnya, di Kalimantan Barat di Utara P.Kalimantan, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, di Sulawesi bagian Tengah, di Papua Barat dan di Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik, serta di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Motor tetap berjalan dibawah guyuran hujan  di sertai angin yang menguyur kawasan Bundaran HI, Menteng Jakarta Pusat, Rabu(14/4/2021).
Motor tetap berjalan dibawah guyuran hujan di sertai angin yang menguyur kawasan Bundaran HI, Menteng Jakarta Pusat, Rabu(14/4/2021). (WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN)
Halaman
1234
Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Arif Fajar Nasucha
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas