Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menkumham Diminta Tanggungjawab atas Kebakaran Lapas Tangerang

Ketua Joman, Immanuel Ebenezer atau Noel mengatakan bahwa Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly harus bertanggungjawab atas kejadian tersebut.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Menkumham Diminta Tanggungjawab atas Kebakaran Lapas Tangerang
Tribunnews/Herudin
Kepala Pusat (Kapus) Inafis Polri, Brigjen Pol Mashudi menunjukkan data dari korban kebakaran Lapas Dewasa Klas I Tangerang yang teridentifikasi saat jumpa pers di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (9/9/2021). Tim Disaster Victim Identification (DVI) baru berhasil mengidentifikasi satu orang korban atas nama Rudhi bin Ong Eng Cue, yaitu laki-laki berumur 43 tahun. Korban teridentifikasi sidik jari dan rekam medis dari yang bersangkutan. Tribunnews/Herudin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -- Kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Kota Tangerang yang menewaskan 41 orang narapidana mendapatkan sorotan banyak pihak, salah satunya relawan Joko Widodo, Jokowi Mania (Joman).

Ketua Joman, Immanuel Ebenezer atau Noel mengatakan bahwa Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly harus bertanggungjawab atas kejadian tersebut.

"Ini tak hanya musibah saja. Tapi juga kesalahan dari Dirjen LP Pemasyarakatan," kata Noel, Kamis, (9/9/2021).

Baca juga: Anggota Komisi III DPR: Jangan Berspekulasi Soal Musibah Kebakaran di Lapas Tangerang

Menurut Noel kebakaran yang diduga karena hubungan pendek arus listrik alias korsleting tersebut terjadi karena adanya kelalaian serta prosedur yang tidak dikerjakan dengan benar.

"Kenapa korslet berarti ada mekanisme perawatan berkala yang dikangkangi," katanya.

Noel juga menyoroti over kapasitasnya LP Tangerang. LP yang hanya bisa memuat 900 napi, tapi dijejali dengan napi 2100 orang lebih. Faktor tersebut kata dia, juga merupakan tanggungjawab pemerintah.

BERITA TERKAIT

"Belum lagi penjaga LP hanya belasan saja. Bagaimana bisa mereka menyelamatkan napi dengan jumlah SDM terbatas," katanya.

Baca juga: Tim DVI Polri Kantongi Data Antemortem Dua WNA Tewas Terbakar di Lapas Klas I Tangerang

Dirinya berharap kepolisian melakukan pemeriksaan secara independen sehingga dapat mengungkap secara komprehensif penyebab terbakarnya Lapas tersebut.

"Meski narapidana mereka berhak dapat keadilan. Mereka manusia biasa seperti kita," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas