Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Vaksinasi Covid-19 Sasar 350 Warga di Kemah Tabor NTT

Minimnya fasilitas dan tenaga kesehatan juga menjadi kendala dari program vaksinasi yang berada di NTT.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Vaksinasi Covid-19 Sasar 350 Warga di Kemah Tabor NTT
Istimewa
Komunitas Indonesia Lawan Libas Covid-19 (KILL Covid-19) menggelar pilot project program vaksinasi kepada warga di Rumah Retret Kemah Tabor, Desa Mataloko, Bajawa, Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT). Program tersebut dalam rangka membendung pesebaran Covid-19 di NTT, khususnya di Flores. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komunitas Indonesia Lawan Libas Covid-19 (KILL Covid-19) menggelar pilot project program vaksinasi kepada warga di Rumah Retret Kemah Tabor, Desa Mataloko, Bajawa, Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Program tersebut dalam rangka membendung pesebaran Covid-19 di NTT, khususnya di Flores.

"Sebenarnya vaksinasi di Bajawa ini menjadi pilot project untuk kabupaten-kabupaten lain yang ada di Flores. Mudah-mudahan pemerintah dapat membantu Provinsi NTT yang mungkin kelihatan sangat tertinggal," kata Ketua Umum KILL Covid-19, Adharta Ongkosaputra dalam keterangannya, Sabtu (11/9/2021).

Pihaknya bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat serta para dokter dan tenaga kesehatan dari Yellow Clinic Bajawa, serta Puskesmas yang ada di Bajawa.

"Hadir Kepala Dinas Kesehatan dr Gusti, Kepala P2P Bajawa Ibu Nina, Kapolsek, tadi rencana Pak Bupati hadir tapi tidak jadi. Senang sekali kita disambut sangat ramah, di sini," ucapnya.

"Kami memberikan vaksin kepada warga sebanyak 350 orang. Jadi kami dari KILL Covid 10 ini ada 10 orang, rombongan dari Jakarta. Kami membantu Puskesmas dan Dinas Kesehatan di Bajawa dalam memberikan vaksinasi," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Adharta menyatakan bahwa warga di Desa Mataloko sangat antusias terhadap program ini.

Banyak warga yang belum berkesempatan mendapat vaksin. Adharta mengatakan masyarakat di sana sangat mengharapkan bantuan pemerintah untuk mendistribusikan vaksin lebih banyak lagi.

Kendati demikian, Adharta melihat koordinasi di Bajawa dalam program vaksinasi ini sudah cukup baik, namun masih terkendala dengan jumlah stok yang terbatas.

Tak hanya itu, minimnya fasilitas dan tenaga kesehatan juga menjadi kendala dari program vaksinasi yang berada di NTT.

Adharta berharap agar masyarakat di NTT seluruhnya dapat divaksin.

Baca juga: Kemenkes: 65 Persen Pelaku Perjalanan Internasional yang Tiba di Jakarta Belum Divaksinasi

"Supaya masyarakat di sini dapat memiliki kekebalan dan meningkat imunitasnya, sehingga ketika terjadi ledakan Covid-19 dapat segera diantisipasi," ujarnya.

Adharta dan rombongan KILL Covid-19 dari Jakarta sangat dimanjakan dengan keindahan alam di area Rumah Retret Kemah Tabor, Mataloko.

Menurutnya, tempat ini layak menjadi destinasi wisata rohani terbesar di Indonesia.

Kabupaten Ngada yang terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) terkenal akan tempat wisata Rumah Retret Kemah Tabor, Mataloko.

Tempat itu kemudian dijadikan sebagai tempat pemberian vaksin kepada warga. Bangunan yang didirikan tahun 1932 ini menjadi tempat yang layak karena memiliki fasilitas yang cukup.

Kemah Tabor terletak sempurna di tepi jalan yang menghubungkan Ende dan Bajawa. Lokasinya sangat strategis ditambah bangunannya yang unik dan nilai historisnya.

"Maka Kemah Tabor merupakan salah satu spot menarik untuk dikunjungi di Ngada," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas