Tribun

Koalisi Pendukung Jokowi

Sosok Soetrisno Bachir, Tokoh Senior PAN yang Diusulkan Zulkifli Hasan di Pemerintahan Jokowi

Sosok Soetrisno Bachir, Ketua Dewan Kehormatan PAN yang direkomendasikan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, untuk mengisi posisi di pemerintahan Jokowi.

Penulis: Daryono
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Sosok Soetrisno Bachir, Tokoh Senior PAN yang Diusulkan Zulkifli Hasan di Pemerintahan Jokowi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (tengah) bersama Ketua Dewan Penasihat PAN Amien Rais (kanan), dan Ketua MPP PAN Soetrisno Bachir (kiri) menghadiri rapat pimpinan nasional PAN ke 2 di Jakarta, Minggu (27/3/2016). 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini sosok Soetrisno Bachir, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) yang direkomendasikan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, untuk mengisi posisi di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Diberitakan sebelumnya, Zulkifli Hasan mengaku menitipkan nama Soetrisno Bachir apabila Jokowi memberikan tawaran jabatan kepada PAN.

Namun, rekomendasi itu bukan berarti PAN menyodorkan nama karena kewenangan sepenuhnya berada di tangan Jokowi.

"Kita tidak menyodorkan. Memang pernah satu pertemuan saya menyampaikan, karena ada Dewan Kehormatan PAN, namanya Mas Tris (Soetrisno Bachir, -Red) itu. Itu dulu tim sukses Pak Jokowi. Dulu Ketua KEIN (Komite Ekonomi Industri Nasional)."

"Kalau memungkinkan saya memang nitip itu. Apa saja (posisinya). Mas Tris sebagai tim sukses Pak Jokowi pada waktu itu untuk kembali bisa diperankan. Apapun (posisinya) terserah pemerintah," kata Zulkifli saat diwawancarai Karni Ilyas, dikutip dari channel YouTube Karni Ilyas Club, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Pengamat Nilai Jokowi Belum Perlu Lakukan Reshuffle Kabinet: Fokus Saja Tangani Persoalan Covid-19

Spekulasi perihal posisi untuk PAN muncul setelah partai ini menyatakan bergabung dengan koalisi partai pendukung Presiden Jokowi.

Menurut Zulkifli, apabila ada jabatan untuk PAN, hal itu sebuah hal yang wajar.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada pembicaraan terkait posisi untuk PAN.

"Memang hampir semua orang menanyakan hal itu kepada kami. Tapi sejujurnya, apa adanya, kita memang memutuskan kemarin sampai Rakenas, belum ada pembicaraan soal itu."

"Karena kami menyadari itu sepenuhnya hak prerogratif Presiden dan yang paling penting pikiran-pikiran kita itu bisa mempengaruhi kebijakan, itu yang paling penting,"

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas