Tribun

Blusukan ke Yogya, Mendikbudristek Nadiem Menginap di Rumah Ibu Guru

Nadiem menginap di rumah Nuri yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) setelah melakukan kunjungan dari Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Blusukan ke Yogya, Mendikbudristek Nadiem Menginap di Rumah Ibu Guru
Istimewa
Mendikbudristek Nadiem Makarim menginap di rumah calon Guru Penggerak angkatan ketiga, Khoiry Nuria Widyaningrum (Nuri), Senin (13/9/2021) malam. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim blusukan.

Kali ini, Nadiem memilih menginap di rumah calon Guru Penggerak angkatan ketiga, Khoiry Nuria Widyaningrum (Nuri), Senin (13/9/2021) malam.

Nadiem menginap di rumah Nuri yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) setelah melakukan kunjungan dari Kota Surakarta, Jawa Tengah.

“Mohon maaf mengganggu, Ibu. Saya ingin mampir. Apakah boleh?” ucap Nadiem di teras kediaman keluarga Ibu Nuri.

Ibu Nuri, seorang guru di SDN Jetisharjo, Kabupaten Sleman tidak menyangka dirinya akan dikunjungi Mendikbudristek.

Begitupun suaminya yang juga seorang guru di SD Muhammadiyah Domban 3 dan kedua orang tuanya yang juga pensiunan guru sekolah Muhammadiyah.

Mendikbudristek Nadiem Makarim menginap di rumah calon Guru Penggerak angkatan ketiga, Khoiry Nuria Widyaningrum (Nuri) pada Senin (13/9/2021) malam.
Mendikbudristek Nadiem Makarim menginap di rumah calon Guru Penggerak angkatan ketiga, Khoiry Nuria Widyaningrum (Nuri) pada Senin (13/9/2021) malam. (Istimewa)

Mereka mengaku terkejut sekaligus bahagia.

"Saya masih berpikir, sekelas Mas Menteri mana mungkin datang ke rumah?" ucap Ibu Nuri.

Mendikbudristek menjelaskan maksud dan tujuannya tak lain untuk belajar dari Guru Penggerak.

"Program Guru Penggerak itu adalah salah satu program terpenting Kemendikbudristek, karena program ini adalah regenerasi pemimpin-pemimpin sekolah. Kalau saya tidak lagi menjabat sebagai Menteri, yang akan meneruskan transformasi pendidikan adalah para Guru Penggerak,” kata Nadiem.

“Saya ingin merasakan langsung keseharian sebagai calon Guru Penggerak agar saya lebih memahami. Saya ingin tahu suka dan duka Ibu Nuri sebagai guru. Boleh, Ibu, saya minta izin menginap?" tambah Nadiem.

Duduk santai bersama Ibu Nuri dan keluarga di ruang tamu, Mendikbudristek mengatakan bahwa dirinya menangkap ada benang merah ketika bertemu dengan para calon Guru Penggerak di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Nadiem Resmikan Ruang Praktek Pendidikan Vokasi untuk 3 SMK di Surakarta

“Karakter calon Guru Penggerak itu lugas dalam menyampaikan pendapat dan gagasan. Terutama, saya selalu melihat ada keresahan dalam diri guru-guru yang saya temui. Mereka semua ingin melakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Nadiem.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas