Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Achmad Baidowi Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN dengan Predikat Sangat Memuaskan

Achmad Baidowi resmi mendapatkan gelar doktor (Dr) dari Institur Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan predikat sangat memuaskan.

Achmad Baidowi Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN dengan Predikat Sangat Memuaskan
Handout
Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI, Achmad Baidowi resmi mendapatkan gelar doktor (Dr) dari Institur Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan predikat sangat memuaskan, Selasa (21/9/2021).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI, Achmad Baidowi resmi mendapatkan gelar doktor (Dr) dari Institur Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan predikat sangat memuaskan, Selasa (21/9/2021). 

Dia mendapatkan gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke-149 setelah mempertahankan disertasi berjudul 'Pengaruh Pengawasan dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Berbasis Aplikasi E-Village Budgeting di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur'. 

Dalam sidang terbuka yang dipimpin Direktur Pasca Sarjana Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si tersebut, Baidowi mengatakan disertasinya secara konseptual terinspirasi dari isu penting efektivitas pengelolaan Dana Desa, yang di dalam pengelolaan Dana Desa tersebut terlaksana fungsi pengaturan dan fungsi pengawasan yang menjadi obyek forma Ilmu Pemerintahan. 

Baca juga: Kampus UAI Kini Punya Pakistan Corner dan Sir Allama Muhammad Iqbal Room

"Dengan penerapan E-Village Budgeting, maka dengan sendirinya efektivitas pengelolaan Dana Desa berbasis aplikasi E-Village Budgeting di Kabupaten Banyuwangi tampak menjadi suatu fenomena pengelolaan keuangan desa yang berkorelasi dengan berbagai variabel," kata Baidowi, Selasa (21/9/2021). 

Baca juga: Kampus Ini Siapkan Beasiswa untuk Mahasiswa Baru, Berikut Pilihan Prodi yang Bisa Diambil

"Variabel-variabel yang dimaksud tentu tak terbatas hanya di lingkungan internal pemerintah desa sebagai pihak yang berwenang mengelola Dana Desa. Di lingkungan eksternal pemerintah desa juga terdapat sejumlah variabel yang berkorelasi dengan pengelolaan Dana Desa," imbuhnya. 

Baca juga: Nadiem Makarim: Kampus Wajib Berikan Mahasiswa Jatah 20 SKS untuk Ikut Program Kampus Merdeka

Naskah disertasi dalam sidang ini merupakan penyempurnaan dari naskah sebelumnya yang telah dikonsultasikan kembali kepada Tim Promotor dengan memperhatikan bantuan dan saran secara lisan dan tulisan dari Tim Penguji/Penelaah.

Acara ujian terbuka itu dilakukan dengan protokol kesehatan. Hanya pihak keluarga sebanyak 10 orang yang menghadiri ujian terbuka, sementara kolega Baidowi dapat mengikuti melalui aplikasi zoom.

Para tim promotor yang terdiri dari Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, SH., MH., MS, Prof. Dr. Murtir Jeddawi, SH., MH, Prof. Dr. Drs. H. I  Nyoman Sumaryadi, M.Si juga hadir melalui aplikasi zoom. 

Sementara Tim Penguji terdiri dari Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si., Prof. Dr. Ngadisah, MA, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, MBA, CPA, CSFA, Dr. Hyronimus Rowa, M.Si, Dr. Ismail Nurdin, M.Si, Dr. Dadang Suwanda, SE, MM, Mak, Ak, CA, Dr. Udaya Madjid, M.Pd. 

Baidowi dalam sambutan singkatnya setelah resmi mendapatkan delar Doktor mengaku sangat berterima kasih kepada kedua orang tuanya. 

Dengan penuh haru dia menyampaikan bahwa keberhasilan itu sebelumnya mungkin tidak pernah terbayangkan. Namun Baidowi bertekad untuk untuk terus belajar dan menyelesaikan pendidikan setinggi mungkin.

“Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada ibu dan emak serta dan almarhum bapak dan almarhum abah,” kata Baidowi dengan penuh haru.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas