Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Bursa Capres

PDIP Ancam Kader Curi Start, Siapkan Sanksi Jika Terlibat Deklarasi Capres

PDI Perjuangan (PDIP) mengancam menjatuhkan sanksi kepada kadernya yang ikut terlibat dalam deklarasi calon presiden.

PDIP Ancam Kader Curi Start, Siapkan Sanksi Jika Terlibat Deklarasi Capres
IST
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) mengancam menjatuhkan sanksi kepada kadernya yang ikut terlibat dalam deklarasi calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) 2024 sebelum DPP PDIP secara resmi memutuskan kandidat yang diusungnya di Pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, manakala ada kader partai yang tidak memiliki disiplin dan ikut-ikutan deklarasi calon sebelum partai menetapkan, maka partai akan menjatuhkan sanksi disiplin.

”Partai akan menegakkan disiplin tersebut dengan memberi sanksi organisasi," kata Hasto dalam keterangan resminya, Selasa (21/9).

Hasto menekankan penentuan Capres-Cawapres 2024 yang akan diusung partai berlambang banteng moncong putih itu adalah hak prerogatif Ketua Umum (Ketum) Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: Erick Thohir Didorong-dorong Maju di Pilpres 2024 Bareng Ganjar Pranowo

PDIP telah memberikan kewenangan dan mandat terkait penetapan Capres dan Cawapres 2024 kepada Megawati berdasarkan hasil Kongres V PDIP yang digelar pada 2019 lalu. Menurut Hasto, partai yakin Megawati akan memilih calon pemimpin yang tepat.

Ia berkaca pengalaman PDIP saat Megawati memutuskan menetapkan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Capres pada Pilpres 2014 dan 2019.

"Apa yang terjadi sama dengan tahun 2014 dan 2019 yang lalu, di mana Ibu Megawati Soekarnoputri menetapkan Pak Jokowi sesuai dengan mandat kongres partai, dan terbukti beliau hadir sebagai pemimpin yang telah lama dipersiapkan dan mampu memikul tanggung jawab sebagai pemimpin bangsa," kata Hasto. "Atas dasar hal tersebut, terkait pencalonan Capres dan Cawapres, semuanya agar bersabar," imbuhnya.

Ketimbang memikirkan Capres dan Cawapres, Hasto meminta kader PDIP untuk fokus menangani pandemi Covid-19. Ia juga menyinggung tahapan Pemilu 2024 yang saat ini masih dibahas antara DPR, Pemerintah, dan KPU.

”Prinsipnya seluruh relawan pemenangan akan dibentuk pascapenetapan secara resmi pasangan calon dari partai. Saat ini lebih baik membantu rakyat menangani pandemi," kata Hasto.

Hasto menambahkan partainya berkomitmen mengikuti seluruh tahapan pileg dan pilpres sesuai dengan mekanisme tahapan pemilu. Saat ini, tahapan pemilu memerhatikan berbagai hal terkait pandemi corona dengan seluruh dampaknya menjadi konsideran penting dalam penyusunan tahapan pemilu.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas