Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pimpinan MPR: Perlu Kerja Sama Lintas Sektor untuk Jawab Tantangan Ekonomi

Menurut Lestari, di masa pandemi ini dua sisi ekonomi di sektor pasokan dan permintaan terpuruk.

Pimpinan MPR: Perlu Kerja Sama Lintas Sektor untuk Jawab Tantangan Ekonomi
Ist
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Kesiapan Sektor Ekonomi Pascapandemi yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12 bekerjasama dengan DPP Partai NasDem bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis, Rabu (22/9/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perlu kerja sama lintas sektor untuk mencari jalan keluar dalam menjawab tantangan di bidang ekonomi pada kondisi yang belum menentu hingga saat ini.

"Kita harus mampu memperpendek jarak antara harapan dengan kenyataan sehingga bisa membangun satu kesadaran bahwa pada masa transisi ini untuk membangun sektor ekonomi membutuhkan norma-norma baru yang harus diterapkan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. saat membuka diskusi daring bertema "Kesiapan Sektor Ekonomi Pascapandemi" yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12 bekerjasama dengan DPP Partai NasDem bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis, Rabu (22/9/2021).

Diskusi dimoderatori, Dr. Irwansyah (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI).

Hadir sebagai narasumber Fauzi H. Amro, M.Si (Anggota Komisi XI DPR RI),
Raden Kurleni Ukar, M.Sc (Deputi Menteri Pariwisata RI, Bidang Kebijakan Strategis), Dr. Radityo Fajar Arianto, MBA (Direktur Sparklabs Incubation Universitas Pelita Harapan/UPH, Pemerhati UMKM) dan Drh. Dedi Kusmanagandi, MBA (Asosiasi Bioteknologi, Presiden Asosiasi Dokter Hewan Unggas Indonesia).

Hadir pula Dr. Suyoto, M.Si (Ketua Koorbid Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP Partai NasDem), Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama (Direktur Penyakit Menular WHO– South East Asia Regional Office (SEARO), 2018-2020 Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Yarsi) dan Millie S. Lukito (Pelaku Ekonomi Digital Founder, CEO & Bureau Chief Mobiliari Group) sebagai penanggap.

Baca juga: BI Masih Optimistis Ekonomi Indonesia Tahun Ini Tumbuh 4 Persen

Menurut Lestari, di masa pandemi ini dua sisi ekonomi di sektor pasokan dan permintaan terpuruk.

Kondisi pandemi yang cenderung melandai saat ini tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, jangan dianggap kita tidak perlu berupaya lagi dan bersantai.

Apa yang menjadi strategi pemerintah, ujar anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus bisa dijalankan untuk mengatasi sejumlah tantangan sesuai realita yang ada saat ini.

Jadi pemulihan sektor ekonomi bukan hanya menyasar perbaikan indikator dalam skala makro.

Namun, tambahnya, ekonomi skala mikro juga harus menjadi target dalam perencanaan.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas