Tribun

Beredar Isu Internet Akan Mati Total Selama Perbaikan Palapa Ring Tengah, Kemkominfo: Tidak Betul!

Menanggapi hal tersebut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menegaskan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah keliru.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Beredar Isu Internet Akan Mati Total Selama Perbaikan Palapa Ring Tengah, Kemkominfo: Tidak Betul!
istimewa/Kompas.com
Ilustrasi internet. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beredar sebuah informasi yang menyebutkan bahwa jaringan internet akan mengalami down, sehubungan adanya perbaikan kabel bawa laut Palapa Ring Tengah.

Dalam informasi tersebut, dikatakan bahwa perbaikan Palapa Ring Tengah akan membuat jaringan internet mengalami mati total mulai 24-30 September 2021.

Menanggapi hal tersebut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menegaskan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah keliru.

Kepala Dinas Kemkominfo Sitaro Jacson Baginda mengatakan bahwa Palapa Ring memang akan mengalami perbaikan dalam waktu dekat.

"Tetapi selama perbaikan tersebut, layanan jaringan internet tidak akan mati total namun akan diupayakan tersedia di Kepulauan Sitaro," kata Jacson dalam keterangannya, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kabel Laut Jasuka yang Jadi Sumber Gangguan Internet Telkom Indihome

Ia juga mengungkapkan, bahwa selama berlangsungnya perbaikan kabel fiber optik Palapa Ring ini akan terjadi degradasi layanan komunikasi di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

"Tetapi dari hasil pembahasan dengan PT Len Telekomunikasi Indonesia sebagai pengelola jaringan, akan ada upaya agar tidak ada degradasi layanan," kata Jacson.

Gangguan internet memang akan terjadi, akan tetapi Dinas Kemkominfo dan PT Len akan mencari solusi untuk mengantisipasi gangguan yang akan terjadi ini.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas