Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemensos Bakal Uji Coba Penggunaan BPNT Tanpa Kartu

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan pihaknya bakal melakukan uji coba penggunaan dana Bantuan Pangan Non Tunai

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kemensos Bakal Uji Coba Penggunaan BPNT Tanpa Kartu
SURYA.CO.ID/M Sudarsono
Ilustrasi: Menteri Sosial, Tri Rismaharini marah saat mengecek penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) sembako di Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Sabtu (24/7/2021). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan pihaknya bakal melakukan uji coba penggunaan dana Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tanpa menggunakan kartu.

Uji coba ini akan berlangsung di tujuh provinsi pada bulan Oktober 2021.




"Ke depannya, pada bulan Oktober itu akan kita uji coba. Jadi enggak pakai kartu. Diuji coba di tujuh provinsi," ucap Risma di Kantor Kemensos, Jln Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (27/9/2021).

Para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) nantinya akan bisa memanfaatkan dana yang terdapat dalam BPNT tanpa menggunakan kartu.

Baca juga: Akses cekbansos.kemensos.go.id Cek Penerima Bantuan Perlindungan Sosial PKH Bulan September 2021

Bahkan, KPM yang hanya memiliki ponsel yang bukan Smartphone pun akan bisa menggunakannya. Penggunaan dana juga bisa dilakukan menggunakan KTP, atau tanpa KTP sekalipun.

"Enggak perlu pakai kartu dia bisa menggunakan HP-nya. Walaupun HP-nya jadul. Meskipun dia hp smartphone juga dan bisa KTP. Jadi KTP bisa, dengan cara biometrik," jelas Risma.

BERITA TERKAIT

Kemensos bakal bekerjasama dengan warung atau toko untuk bergabung ke E-Warong, tempat KPM dapat membelanjakan dana BPNT.

Baca juga: Ketika Menkeu Sri Mulyani Singgung soal Lambatnya Penyaluran Bansos di Daerah

Warung tersebut bakal dilengkapi dengan perangkat biometrik. Sehingga KPM BPNT dapat membelanjakan tanpa harus membawa KTP dan ponsel.

"Jadi saya mau belanja begini terus diforo kan dia punya biometriknya. Nah bisa untuk belanja sudah dan itu dimana saja. Semua akan jadi E-Warong," ungkap Risma.

"Jadi dia bisa datang. Saya enggak bawa KTP, enggak bawa HP, saya difoto keluar namanya kemudian dia tinggal belanja," tambah Risma.

Program ini juga rencananya akan digunakan untuk KPM Program Keluarga Harapan (PKH).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas