Tribun

Pada Peringatan HUT Ke-17 DPD RI, Bamsoet Ajak DPD RI Kaji Urgensi PPH

DPD RI turut aktif mengkaji urgensi hadirnya Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) sebagai bintang penunjuk arah pembangunan bangsa. 

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Hasanudin Aco
Pada Peringatan HUT Ke-17 DPD RI, Bamsoet Ajak DPD RI Kaji Urgensi PPH
MPR RI
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), yang para anggotanya merupakan anggota MPR RI, turut aktif mengkaji urgensi hadirnya Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) sebagai bintang penunjuk arah pembangunan bangsa. 

Peran DPD RI dalam pembahasan PPHN sangat diperlukan.

Khususnya dalam menjembatani aspirasi lokal kedaerahan dengan kebijakan pembangunan nasional. 

Sehingga kepentingan dan aspirasi lokal dapat terintegrasi dan selaras dengan kebijakan pusat.

Hal itu disampaikan Bamsoet usai menghadiri peringatan HUT ke-17 DPD RI secara virtual di Jakarta, Jumat (1/10/2021).

"Jika DPR RI mewakili kepentingan rakyat yang disalurkan melalui partai politik, maka DPD RI mewakili kepentingan rakyat daerah. Sementara MPR RI yang didalamnya terdapat anggota DPR RI dan DPD RI merupakan wujud representasi bangsa Indonesia secara keseluruhan, yang didalamnya menjembatani kepentingan antara partai politik dan juga daerah," ujar Bamsoet.

Karenanya, kata dia, langkah MPR RI yang saat ini sedang mengkaji urgensi PPHN tidak lain agar arah pembangunan bangsa juga memiliki kesinambungan dan harmonisasi antara pusat dengan daerah dan antar daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.

Baca juga: Jokowi Berharap DPD RI Ikut Mendorong Pemda Bertransformasi dan Berinovasi dalam Bekerja

Turut hadir antara lain Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, Wakil Ketua DPD RI Mahyudin, dan Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin, serta para Raja dan Sultan se-Nusantara.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan sebagai lembaga yang lahir dari anak kandung reformasi, kehadiran DPD RI sangat penting dalam sistem lembaga legislatif perwakilan rakyat. 

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas