Tribun

Sabam Sirait Meninggal Dunia

Sosok Sabam Sirait dalam Kacamata Ketua MPR RI dan Ketua DPD RI

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI Lanyalla Mattaliti datang melayat dan memberikan penghormatan terakhir kepada Sabam di rumah duka.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Johnson Simanjuntak
Sosok Sabam Sirait dalam Kacamata Ketua MPR RI dan Ketua DPD RI
Ist
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melayat dan memberikan penghormatan terakhir di rumah duka mendiang Sabam Sirait d kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Anggota MPR RI paling senior berusia 85 tahun yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Sabam Sirait, telah meninggal dunia pada Rabu (29/9/2021) malam.

Kepergian senator yang menjabat dua periode ini sangat berkesan bagi kedua pimpinan lembaga tersebut.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI Lanyalla Mattaliti datang melayat dan memberikan penghormatan terakhir kepada Sabam di rumah duka.

Bagi Bambang Soesatyo, Sabam Sirait tidak hanya sekadar menjadi tokoh senior di PDI Perjuangan, tetapi juga telah menjadi tokoh senior dan guru politik bagi bangsa Indonesia.

Lebih-lebih Sabam mampu berpolitik bersama tujuh presiden Indonesia, mulai Presiden pertama RI Soekarno hingga Presiden ketujuh RI Joko Widodo.

Sabam Sirait
Sabam Sirait (Ist)

"Itu menunjukkan sosok Sabam Sirait merupakan pelintas batas waktu politk Indonesia," kata Bamsoet, demikian Bambang Soesatyo disapa.

Baca juga: 3 Mantan Gubernur DKI dan Gubernur Anies Baswedan Beri Penghormatan Terakhir untuk Sabam Sirait

Bamsoet menilai Sabam Sirait tidak seperti politisi lain yang datang dan pergi.

Keberadaan Sabam bersama tujuh kepemimpinan presiden membuktikan bahwa kiprah politiknya tidak lekang oleh waktu.

Masih kata Bamsoet, Sabam tidak hanya aktif memperjuangkan tegaknya demokrasi dan kemanusiaan di dalam negeri namun juga aktif memperjuangkan hal serupa di dunia internasional yaitu dengan sikapnya mendukung kemerdekaan negara Palestina.

"Saya termasuk pengagum keteguhan prinsip berpolitik yang diajarkan Pak Sabam," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas