Tribun

Gatot Nurmantyo dan TNI AD

Tanggapi Dudung dan AY Nasution soal Patung di Kostrad, Gatot: Semestinya Dibuat Replikanya Dulu

Gatot Nurmantyo memberi tanggapan atas pernyataan Letjen Dudung Abdurrachman soal dipindahnya tiga patung di Museum Kostrad.

Penulis: Daryono
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Tanggapi Dudung dan AY Nasution soal Patung di Kostrad, Gatot: Semestinya Dibuat Replikanya Dulu
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Gatot Nurmantyo semasa aktif di TNI 

TRIBUNNEWS.COM - Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, memberi tanggapan atas pernyataan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen Dudung Abdurrachman, soal dipindahnya tiga patung di Museum Kostrad.

Tiga patung yang dimaksud, menggambarkan adegan Mayjen Soeharto dan Menteri/Panglima TNI Angkatan Darat, Jenderal AH Nasution, menerima laporan dari Komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD), Kolonel Sarwo Edhie Wibowo, pada 1965. 

Sebelumnya, Dudung melalui Kepala Penerangan Kostrad, Kolonel Inf Haryantana, menyatakan pemindahan tiga patung yang merupakan bagian diorama G30S itu bukanlah inisiasi Kostrad. 

Pemindahan tiga patung itu merupakan permintaan pribadi Panglima Kostrad ke-34, Letnan Jenderal TNI (Purn) Azmyn Yusri Nasution. 

"Bahwa pembongkaran patung-patung tersebut atas keinginan dan ide Letnan Jenderal TNI (Purn) Azmyn Yusri Nasution, karena pada saat menjabat Pangkostrad periode (9 Agustus 2011 sampai dengan 13 Maret 2012) beliau yang membuat ide untuk pembuatan patung-patung tersebut," kata Haryantana dalam keterangan tertulisnya pada Senin (27/9/2021).

Baca juga: Cerita Pangkostrad Ketika AY Nasution Hampir Meneteskan Air Mata Minta Patung yang Digagasnya

Permintaan itu disampaikan AY Nasution saat bersilaturahmi ke Kostrad pada 30 Agustus 2021. 

AY Nasution sendiri membenarkan pemindahan tiga patung itu merupakan permintaan darinya. 

"Ya betul tanggal 30 Agustus saya datang ke sana bersilaturahim, sekaligus menyampaikan keluhan saya tentang patung. Saya sampaikan begini, saya beritahu kepada beliau."

"Bahwa dulu disaat saya menjabat bahwa sayalah yang berinisiatif membuat patung itu. Sebelumnya patung itu tidak ada, itu tiga buah patung, tiga jenderal," kata AY Nasution dalam wawancara di KompasTV, Rabu (29/9/2021). 

AY Nasution meminta patung itu dipindahkan karena alasan agama. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas