Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

TNI Pamerkan Alutsista di Sekitar Istana Jokowi, Ada Apakah?

Berdasarkan informasi yang dihimpun tribunnews.com, pameran kendaraan taktis TNI bukan hanya digelar di Jalan Medan Merdeka Barat. 

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in TNI Pamerkan Alutsista di Sekitar Istana Jokowi, Ada Apakah?
Sekretariat Presiden
Alutsista TNI ditempatkan di ruas jalan sekitar Istana Kepresidenan Jakarta sejak Minggu (3/10/ 2021) malam menjelang peringatan HUT Ke-76 TNI. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peringatan ke-76 Hari TNI tahun 2021 dilaksanakan berbeda, karena selain digelar upacara peringatan, juga dipamerkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik negara.

Alutsista tersebut ditempatkan di ruas jalan sekitar Istana Kepresidenan Jakarta sejak Minggu malam, 3 Oktober 2021. Jalan yang digunakan adalah Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa pameran alutsista tersebut digelar agar masyarakat mengetahui alutsista yang dimiliki TNI. Selain itu, juga untuk lebih mendekatkan TNI kepada masyarakat.




“Ada lebih dari 100 unit alutsista milik TNI yang dipamerkan, tentunya memberikan kebanggaan kepada kita, seluruh masyarakat. Dan dari alutsista tersebut, sebagian besar jarang diketahui masyarakat,” ucap Heru di Jakarta, Senin, 4 Oktober 2021.

Beberapa jenis alutsista yang ditampilkan yaitu 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Baca juga: H-1 HUT Ke-76 TNI, Ini Spesifikasi dan Kekuatan 6 Kendaraan Taktis di Jalan Medan Merdeka Barat

Ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, 4 unit MLRS Astros, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Heru menyadari bahwa keberadaan alutsista tersebut tentunya menarik perhatian pengguna jalan.

BERITA TERKAIT

“Bagi masyarakat kami memohon pengertiannya dan memohon maaf jika melewati kawasan Istana karena akan terhambat perjalanannya,” ucap Heru.

Pameran alutsista dalam rangka Hari TNI ini akan digelar hingga 6 Oktober 2021.

Masyarakat antusias

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com, ratusan kendaraan taktis TNI diparkir di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, tepatnya dari Gedung Sapta Pesona yang berada di depan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, sampai ke Kantor Radio Republik Indonesia (RRI). 

Animo masyarakat melihat kendaraan-kendaraan taktis TNI begitu besar. 

Sebagian besar pengendara sepeda motor yang melintas Jalan Medan Merdeka memutuskan untuk menepi dan berfoto di mobil-mobil taktis TNI yang terparkir. 

Baca juga: Diguyur Hujan Panglima TNI dan Para Kepala Staf Bertahan Saat Upacara Ziarah Nasional HUT Ke-76 TNI 

Angela, seorang pengendara yang melintas, mengaku ingin berfoto di kendaraan taktis milik TNI

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas