Tribun

Penanganan Covid

Check In PeduliLindungi Bisa Lewat Aplikasi Gojek, Ini Cara dan Arti Warna Status

Aplikasi PeduliLindungi telah menjadi salah satu fitur di Gojek. Selain itu Anda juga perlu mengetahui arti warna status saat melakukan scan QR code.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Arif Fajar Nasucha
Check In PeduliLindungi Bisa Lewat Aplikasi Gojek, Ini Cara dan Arti Warna Status
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Pengunjung diarahkan oleh petugas untuk melakukan scan QR Code menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk Pasar Baltos di Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/10/2021). Pasar Baltos adalah salah satu pasar yang diusulkan oleh Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) berdasarkan instruksi Kementerian Perdagangan untuk uji coba implementasi aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk ke pasar rakyat. Lewat penerapan aplikasi PeduliLindungi ini, pemerintah ingin memastikan pasar rakyat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung dari penularan Covid-19 sehingga dapat menggerakkan ekonomi. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Kesehatan RI telah melakukan perluasan akses terhadap aplikasi PeduliLindungi dengan menggandeng beberapa platform lain.

Perluasan tersebut dilakukan agar pengguna dapat mengakses sertifikat dan informasi vaksinasi melalui aplikasi selain PeduliLindungi.

Chief Digital Transformation Office, Setiaji menyatakan bahwa pihak Kemenkes telah berkoordinasi dengan platform lain seperti Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket, Dana, Cinema XXI, Link Aja, dan Jaki.

"Ini akan launching di bulan Oktober ini dan terdapat proses dimana kami memerlukan beberapa model untuk bisa diakses oleh setiap orang."

Baca juga: GoTo Integrasikan PeduliLindungi di Aplikasi Gojek dan Tokopedia

Baca juga: Cara Check In Aplikasi PeduliLindungi di Tokopedia dan Informasi Indikator Warnanya

"Jadi aplikasi yang paling banyak digunakan itu kan seperti ada Gojek, Grab, Tokopedia, dan lain sebagainya itu bisa digunakan untuk bisa masuk ke berbagai macam fitur yang ada di PeduliLindungi, ucap Setiaji dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Namun bagi orang yang tidak memiliki ponsel pintar tidak perlu mempermasalahkannya apabila ingin melakukan perjalanan udara maupun kereta.

Hal tersebuut dikarenakan masyarakat tetap bisa teridentifikasi melalui status hasil tes swab PCR maupun antigen serta sertivikat vaksin.

Status tersebut dapat diketahui melalui nomor NIK ketika membeli tiket.

Selain itu apabila terdapat tempat yang tidak terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi maka masyarakat dapat memeriksa secara mandiri di aplikasi PeduliLindungi.

Caranya adalah dengan memasukkan NIK dan status pun akan muncul terkait layak atau tidaknya untuk masuk ke tempat tersebut.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas