Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Sabtu, 16 Oktober 2021: Waspada 21 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

Berikut inilah informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Sabtu (16/10/2021).

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Peringatan Dini BMKG Sabtu, 16 Oktober 2021: Waspada 21 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem
suryamalang.tribunnews.com
Cuaca mendung - Informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Sabtu (16/10/2021) waspada 21 wilayah berikut ini berpotensi alami cuaca ekstrem. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Sabtu (16/10/2021).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Cina Selatan yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kalimantan Barat bag Utara, Kalimantan Utara hingga Laut Sulu bag Selatan.

Sirkulasi siklonik lainnya terpantau di Samudera Hindia Barat Sumatera yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan Barat Sumatera dan konvergensi memanjang dari Selat Malaka hingga perairan Barat Sumatera Utara.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, dari Sumatera Selatan hingga Riau, dari perairan Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di Jawa Timur, dari Laut Jawa hingga Kalimantan Barat, di Kalimantan Barat bag Utara, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Selatan bag Utara, di Sulawesi Selatan bag Selatan, di Sulawesi Tengah bag Selatan, di NTT, dan dari Papua hingga Papua Barat.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Sabtu, 16 Oktober 2021 hingga Minggu, 17 Oktober 2021:

Baca juga: BMKG: Sebagian Wilayah akan Alami Musim Hujan Lebih Awal pada September, Oktober dan November 2021

Baca juga: Daftar Wilayah yang Mengalami Hari Tanpa Bayangan Oktober 2021, Ini Cara Menyaksikannya

Sabtu, 16 Oktober 2021

BERITA REKOMENDASI

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Riau

- Bengkulu

- Sumatera Selatan

- Kep. Bangka Belitung

- Lampung

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas