Tribun

Sekjen DPR Ungkap Surat Amnesti Presiden Jokowi untuk Saiful Mahdi Sempat Mampir ke Roma 

Surat persetujuan DPR RI atas amnesti yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Saiful Mahdi ternyata sempat mampir ke Roma, Italia. 

Penulis: chaerul umam
Editor: Wahyu Aji
Sekjen DPR Ungkap Surat Amnesti Presiden Jokowi untuk Saiful Mahdi Sempat Mampir ke Roma 
dok. DPR RI
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar saat meresmikan penggunaan tanda tangan digital dan aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (30/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Surat persetujuan DPR RI atas amnesti yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Saiful Mahdi ternyata sempat mampir ke Roma, Italia

Hal ini karena surat tersebut harus ditandatangani Ketua DPR RI Puan Maharani yang sedang menghadiri Seventh Group of 20 Parliamentary Speakers' Summit (P20) di ibukota Italia tersebut. 

Sekjen DPR RI Indra Iskandar mengungkapkan, setelah rapat paripurna DPR pada 7 Oktober 2021 menyetujui amnesti Presiden untuk Saiful, Puan yang sudah berada di Roma langsung memerintahkan Sekretariat Jenderal DPR RI untuk bergerak cepat.

Hal ini agar Surat Persetujuan DPR RI bisa segera dia tandatangi dan secepatnya diserahkan ke Presiden. 

“Jadi begitu rapat paripurna DPR di Jakarta menyetujui amnesti untuk Pak Saiful, hari itu juga draf surat yang harus ditandatangani Ketua DPR di email, dan kami print di Roma,” kata Indra di Jakarta, Kamis (14/10/2021). 

Setelah dicetak, surat persetujuan DPR RI itu langsung ditandatangi Ketua DPR RI yang sedang menghadiri pembukaan P20 pada 7 Oktober 2021. 

“Saya sodorkan ke Ibu Ketua DPR sehabis beliau menyampaikan pidato di pembukaan P20, dan langsung ditandatangani saat itu juga,” ujar Indra.

Baca juga: Amnesti Bagi Saiful Mahdi Dinilai Bisa Jadi Pondasi dalam Perbaikan UU ITE

Surat yang sudah ditandatangani Ketua DPR itu lantas dibawa oleh Indra ke Jakarta pada 11 Oktober 2021. 

“Begitu sampai di Jakarta, kami langsung serahkan ke Presiden melalui protokoler Istana,” katanya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas