Tribun

Pinjaman Online

MUI Minta Pemerintah Kasih Solusi, Bantu Berikan Pinjaman ke UMKM Supaya Tak Terjerat Pinjol Ilegal

Anwar Abbas mendorong pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi untuk membantu memberikan dana kepada pelaku UMKM supaya tak terjerat pinjol

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
MUI Minta Pemerintah Kasih Solusi, Bantu Berikan Pinjaman ke UMKM Supaya Tak Terjerat Pinjol Ilegal
Tribunnews.com/Nurmulia Rekso Purnomo
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mendorong pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM untuk membantu memberikan dana kepada pelaku UMKM agar tidak makin banyak yang terjerat layanan pinjaman online (Pinjol) Ilegal.

Banyaknya korban pinjol ilegal yang belakangan ini menjadi sorotan menurut pandangan Anwar, dominan dialami para pegiat UMKM.

Mereka kata Anwar, terpaksa untuk menempuh jalan dengan memanfaatkan layanan pinjol, karena tidak memiliki cara lain untuk dapat bertahan di masa pandemi Covid-19 ini.

"Untuk itu karena umumnya yang banyak terjerat oleh pinjol ini adalah pengusaha mikro dan ultra mikro maka peran dari kementrian koperasi dibantu oleh lembaga keuangan mikro (LKM) dan LKM syariah tentu jelas sangat dituntut dan diharapkan agar masyarakat memiliki pengetahuan serta tidak berhubungan dengan pinjol-pinjol," kata Anwar dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/10/2021).

Atas hal itu, pihaknya meminta kepada pemerintah agar dapat mengalokasikan dana khusus untuk membantu dan memberikan pinjaman kepada para pegiat UMKM.

Harapannya kata Anwar, jika sebagian besar dari UMKM terbantu, maka nantinya perekonomian nasional bisa kembali bangkit.

"Bahkan hal demikian akan bisa mendorong dan memperbesar kelas menengah sehingga daya beli masyarakat kita secara nasional tentu akan meningkat," katanya.

Baca juga: Polisi Grebek Kantor Pinjol Ilegal yang Intimidasi Nasabah dengan Foto Vulgar: Angkat Tangan Semua

"Itu jelas saja sangat kita harapkan karena dia sudah pasti akan punya arti sangat positif bagi kebangkitan dan kemajuan ekonomi bangsa kita kedepannya," tukas Anwar.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas turut menyoroti maraknya penggerebekan kantor atau perusahaan Pinjaman Online (Pinjol) ilegal yang dilakukan jajaran kepolisian belakangan ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas