Tribun

Pinjaman Online

MUI Minta Pemerintah Tindak Tegas Perusahaan Pinjaman Online Ilegal

Anwar Abbas turut menyoroti maraknya penggerebekan terhadap kantor atau perusahaan Pinjaman Online (Pinjol) ilegal.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
MUI Minta Pemerintah Tindak Tegas Perusahaan Pinjaman Online Ilegal
Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami
Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI), Anwar Abbas minta perusahaan Pinjol ilegal ditindak tegas. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas turut menyoroti maraknya penggerebekan kantor atau perusahaan Pinjaman Online (Pinjol) ilegal yang dilakukan jajaran kepolisian belakangan ini.

Anwar menyebut, diperlukan peran pemerintah serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga Polri dalam memberikan tindakan tegas menghadapi maraknya perusahaan pinjol ilegal.

"Untuk itu dalam menghadapi pinjol-pinjol yang nakal ini Pemerintah dan OJK harus bersikap keras dan tegas," kata Anwar dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/10/2021).

Ketua PP Muhammadiyah tersebut juga meminta agar para pelaku pemberi pinjaman uang dengan suku bunga tinggi serta menebar ancaman kepada peminjam diproses secara hukum.

Anwar mendesak Polri untuk dapat menjatuhi hukuman yang sepadan terhadap para pelaku perusahaan pinjol ilegal yang telah membuat korbannya merasa terancam dan tertekan.

"Bila mereka (Pinjol ilegal) tidak patuh kepada ketentuan yang ada maka kita harapkan pihak kepolisian agar menangkap dan memproses serta menyeret mereka ke pengadilan untuk dijatuhi hukum yang sepadan dengan tindakan tidak terpuji yang sudah mereka lakukan," ungkapnya.

Baca juga: OJK Endus Indikasi Pencucian Uang dari Luar Negeri ke Indonesia Lewat Perusahaan Pinjol

Hal itu merujuk pada amanat dan konstitusi negara, di mana kata dia tugas negara atau pemerintah yakni melindungi dan mensejahterakan rakyatnya.

Kata dia, jika rakyat sedang mengalami kesusahan dan ancaman, sudah selayaknya kata Anwar, pemerintah atau lembaga negara hadir guna melindungi dan mencarikan solusi untuk rakyat.

"Pemerintah dan OJK serta pihak kepolisian tentu harus turun tangan untuk membela rakyat dan mencarikan solusi serta menindak para pelaku pinjol yang telah membebani masyarakat dengan sistem pembayaran dan tingkat suku bunga yang tinggi yang benar-benar sudah diluar kewajaran dan akal sehat," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas