Tribun

Bencanapedia.id Gelar Pelatihan Menulis Wiki

Pelatihan diikuti 54 penggiat kebencanaan, lembaga swadaya masyarakat, dan warga masyarakat ini mengetengahkan 2 materi latih dari tim redaksi.

Penulis: Febby Mahendra
Editor: Theresia Felisiani
Bencanapedia.id Gelar Pelatihan Menulis Wiki
Istimewa
Dalam rangka peringatan Hari Penanggulangan Risiko Bencana (PRB) 13 Oktober 2021 yang selama ini diprakarsai oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), portal kebencanaan Bencanapedia.id turut berpartisipasi dengan menggelar Pelatihan Penulisan. Pelatihan diikuti oleh 54 penggiat kebencanaan, lembaga swadaya masyarakat, dan warga masyarakat tersebut, mengetengahkan dua materi latih dari tim redaksi.

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Dalam rangka peringatan Hari Penanggulangan Risiko Bencana (PRB) 13 Oktober 2021 yang selama ini diprakarsai oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), portal kebencanaan Bencanapedia.id turut berpartisipasi dengan menggelar Pelatihan Penulisan.

Keempat lembaga inisiator, Pujiono Centre, Yayasan Umar Kayam, Pusat Studi dan Manajemen Bencana (PSMB) UPN Veteran Yogyakarta, dan Perkumpulan Lingkar mendukung pelatihan menulis daring tersebut.

Baca juga: Kepala BNPB Sebut Evakuasi Korban dan Kelompok Rentan Jadi Prioritas Penanganan Gempa Karangasem

Pelatihan yang diikuti oleh 54 penggiat kebencanaan, lembaga swadaya masyarakat, dan warga masyarakat tersebut, mengetengahkan dua materi latih dari tim redaksi.

Pembicara teknik penulisan ilmiah populer oleh Ben Antono dan teknik penulisan wikipedia oleh Yugyasmono.

Sebagai media pertukaran dan pengembangan pengetahuan kebencanaan yang dinisiasi sejak 2013, kini Bencanapedia terus mengembangkan relawan atau kontributor penulisan.

Baca juga: BNPB Beri Penghargaan kepada 445 Relawan Protokol Kesehatan PON XX

Pelatihan dalam dua sesi, paparan dan praktik menulis wikipedia ini, sukses dilaksanakan pada Sabtu, 16 Oktober 2021.

Acara dibuka oleh pemimpin redaksi Bencanapedia.id, F. Asisi S. Widanto.

"Modal utama Bencanapedia.id adalah kolaborasi seluruh pihak yang menulis secara sukarela dan pro bono. Kita semua semata-mata mendedikasikan waktu dan pikiran untuk ilmu pengetahuan terkait penanggulangan bencana. Kami bercita-cita Bencanapedia.id menjadi portal web rujukan pertama bagi masyarakat dalam mencari pengetahuan terkait bencana," ujar ketua panitia, Gandar Mahojwala dalam sambutannya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas