Tribun Kesehatan

Makanan Olahan Ikan Sebaiknya Diperkenalkan kepada Anak Sejak Dini

Pengolahan makanan yang tepat menjadi hal penting   dalam   pemberian   makanan   sehat   bagi   anak

Editor: Eko Sutriyanto
Makanan Olahan Ikan Sebaiknya Diperkenalkan kepada Anak Sejak Dini
Tribun Jogja/Hamim
Olahan ikan manyung 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga kini, salah satu hal yang menjadi isu dalam pemenuhan hak anak untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal adalah fenomena kelaparan.

Hasil riset FOI tahun 2020 menunjukkan bahwa 27% balita Indonesia pergi ke sekolah (PAUD) dalam keadaan lapar karena tidak sarapan.

Bahkan, di wilayah padat penduduk di perkotaan mencapai 40-50% balita.

Hal tersebut didukung oleh data dari Kemenkes RI tahun 2018, setidaknya 1 dari 3 balita di Indonesia mengalami stunting.

Salah satu hal yang harus menjadi perhatian adalah perilaku makan anak yang sangat dipengaruhi oleh orang tua.

Sejalan dengan komitmen FOI Iuntuk memerangi kelaparan dengan membuka akses pangan bagi anak, maka kegiatan memasak langsung di dapur menjadi strategi tepat untuk dalam pemberian makanan terbaik untuk anak.

Orang tua atau pendamping memiliki peranan penting dalam menciptakan kebiasaan makanan anak.

Baca juga: Pohon Terbesar di Dunia Dibungkus Aluminium Foil agar Tahan dari Kobaran Api

Fakta ini mendorong munculnya Inisiasi Foodbank of Indonesia bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Fakultas Teknologi Pertanian UGM (FTP-UGM) melalui kampanye Bikin Dapur Ngebul mengajak setiap keluarga yang tujuannya  ciptakan kebiasaan makan yang sehat khususnya dengan mengolah pangan lokal salah satunya adalah ikan.

Direktur Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Machmud SP. M.Sc , membentuk kebiasaan makan yang baik pada anak harus dibangun sejak dini salah satunya dengan memperkenalkan olahan ikan.

“Kampanye Bikin Dapur Ngebul menjadi sebuah contoh sebuah aksi untuk memastikan anak-anak Indonesia tumbuh dengan sehat.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas