Tribun

Maulid Nabi Muhammad SAW

Perayaan Maulid Nabi Digeser, Berikut Hikmah dan Amalan Merayakan Maulid Nabi 2021

Peringatan Maulid Nabi pada tahun ini jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021, namun hari libur digeser, berikut hikmah serta amalan baiknya

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Perayaan Maulid Nabi Digeser, Berikut Hikmah dan Amalan Merayakan Maulid Nabi 2021
freepik.com
Ilustrasi Maulid Nabi Muhammad SAW - Peringatan Maulid Nabi pada tahun ini jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021, namun hari libur perayaannya digeser menjadi tanggal 20 Oktober 2021. 

TRIBUNNEWS.COM - Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati setiap tanggal 12 Rabi'ul Awal, jadi pada tahun ini jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021.

Namun Maulid Nabi Muhammad SAW pada tahun ini sedikit berbeda, karena hari libur perayaannya digeser menjadi tanggal 20 Oktober 2021 atau Rabu (20/10/2021)

Hari libur perayaan Maulid Nabi SAW digeser karena disesuaikan dengan kebijakan pemerintah mengantisipasi mengurangi munculnya kasus baru Covid-19.

Mengutip dari kemenag.go.id, Kamaruddin Amin menegaskan, bahwa Maulid Nabi Muhammad Saw tidak berubah, tetap 12 Rabiul Awal, tetai hari libur dalam rangka memperingatinya yang digeser.

"Sebagai antisipasi munculnya kasus baru Covid-19, hari libur Maulid Nabi digeser 20 Oktober 2021," tegas Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta, Sabtu (9/10/2021). 

Perubahan ini tertuang dalam Keputusan bersama Menag, Menaker, dan Menpan RB No 712, 1, dan 3 tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, Menpan dan RB No 642, 4, dan 4 tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama.

Baca juga: Hikmah dan Kumpulan Ucapan Perayaan Maulid Nabi, 19 Oktober: Dapat Dijadikan Status WA

Baca juga: Libur Maulid Nabi Muhammad SAW Digeser Menjadi 20 Oktober 2021, Berikut Penjelasannya

Dikutip dari nationalday.com, Maulid nabi sendiri dimaknai dari kata "Mawlid" yang artinya "melahirkan", artinya sebagai perayaan hari lahirnya Rasulullah SAW yang bersejarah bagi seluruh umat muslim.

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW telah memberi pesan kepada kita, tentang pentingnya meneladani Rasulullah, dalam sikap dan perilaku hidup.

Rasulullah dikenal sebagai sosok teladan dalam iman, Islam, ihsan, dan akhlak mulia.

Dalam sejarah kehidupan, nabi Muhammad SAW adalah pemimpin besar yang sangat luar biasa dalam memberikan teladan agung bagi umatnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas