Tribun

KSAL Apresiasi Ekspedisi Jala Citra “Aurora” 2021 yang Digelar Pushidrosal

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengapresiasi Ekspedisi Jala Citra “Aurora” 2021

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
KSAL Apresiasi Ekspedisi Jala Citra “Aurora” 2021 yang Digelar Pushidrosal
Dinas Penerangan Angkatan Laut
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono saat menyampaikan keynote speech pada Seminar Internasional yang digelar Pushidrosal, Senin (18/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengapresiasi Ekspedisi Jala Citra “Aurora” 2021 yang digelar oleh Pushidrosal.

Yudo mengatakan ekspedisi tersebut membawa Pushidrosal TNI AL mendunia. 

Ia mengatakan ekspedisi tersebut merupakan implementasi kerja sama hidrografi untuk riset bersama yang diselenggarakan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) bekerja sama dengan beberapa pemangku kepentingan di laut seperti badan riset pemerintah, universitas, dan pihak swasta.

Menurut Yudo, ekspedisi tersebut telah selesai dengan hasil yang memuaskan.

Kegiatan yang dilakukan dalam riset antara lain mengumpulkan dan menganalisa informasi tentang fitur-fitur bawah laut dengan anomali magnet bumi yang terkait dengan kondisi fitur bawah laut, fenomena gelombang dalam, pertumbuhan terumbu karang, arus perputaran besar, dan keanekaragaman biota laut.  

Hal tersebut disampaikan Yudo dalam keynote speech pada Seminar Internasional yang digelar Pushidrosal dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Dunia tahun 2021, bertema “100 Years of International Cooperation in Hydrography” pada Senin (18/10/2021).

“Atas pencapaian ini, saya mengucapkan selamat kepada Pushidrosal dan seluruh personel yang terlibat dalam ekspedisi. Saya juga ingin mengundang dan mengajak kerja sama yang kuat dan luas di antara pemangku kepentingan pada ekspedisi serupa di masa mendatang”, kata Yudo dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL dikutip pada Selasa (19/10/2021).

Baca juga: Komentar KSAL Yudo Margono soal Rumor Akan Jadi Panglima TNI

Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan dalam Opening Remark menyampaikan bahwa kegiatan seminar dan ekspedisi Jala Citra 1 - Aurora merupakan wujud nyata kontribusi aktif Pushidrosal dalam mengabdikan diri di bidang hidrografi.

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan 100 tahun Hari Hidrografi Dunia 2021.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas