Tribun

Hari Santri Nasional

Peringati Hari Santri 2021, Wapres Ma'ruf Amin: Peran Penting Pesantren di Era Transformasi Ekonomi

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan pesantren untuk beradaptasi di era revolusi industri 4.0 dalam rangka Peringatan Hari Santri 2021

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Wahyu Aji
Peringati Hari Santri 2021, Wapres Ma'ruf Amin: Peran Penting Pesantren di Era Transformasi Ekonomi
ISTIMEWA
Wakil Presiden Ma'ruf Amin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan pesantren untuk beradaptasi di era revolusi industri 4.0 sebagaimana disampaikan olehnya dalam Webinar Internasional dalam rangka Peringatan Hari Santri 2021 yang diadakan oleh Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI-PBNU), Rabu (20/10/2021).

Hal ini berangkat dari pemikiran bahwa persepsi masyarakat terdahulu terhadap pesantren telah berubah.

Kini, pesantren bukan lagi sekadar pusat pendidikan keagamaan. 

"Pesantren bertransformasi menjadi lebih berdaya, tidak hanya mendalami agama namun juga mampu menggerakkan perekonomian di lingkungan pesantren sendiri dan sekitarnya,” ujar Ma’ruf, Rabu (20/10/2021).

Transformasi peran pesantren dikukuhkan melalui UU No. 18/2019 yang menegaskan 3 fungsi utama pesantren yakni sebagai pusat pengkaderan pemikir-pemikir agama, sebagai lembaga yang mencetak sumber daya manusia, dan lembaga yang melakukan pemberdayaan masyarakat.

Pemerintah telah merangkul pesantren melalui program unggulannya yakni Santripreneur dan Petani Muda yang digalakkan guna membentuk wirausaha baru, termasuk regenerasi petani dan mengembangkan potensi lahan non-produktif di pesantren

Upaya ini dibarengi dengan pengembangan usaha yang dilakukan pesantren di bidang keuangan, perikanan, pertanian, hingga pariwisata.

Baca juga: Sejarah Hari Santri Nasional 22 Oktober sebagai Usaha Pertahankan Indonesia dari Penjajah

“Untuk mendukung perekonomian pesantren, pemerintah juga membantu berupa Kredit Usaha Rakyat Syariah dan membentuk Bank Wakaf Mikro untuk meningkatkan akses permodalan usaha di lingkungan pesantren. Pemerintah membangun lebih dari 1.000 balai latihan kerja untuk mengembangkan keterampilan para santri,” imbuh Ma’ruf. 

Sejarah Hari Santri

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas