Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Jumat, 22 Oktober 2021: Waspada 25 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Jumat (22/10/2021) waspada berpotensi terjadi di 25 wilayah berikut ini.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Citra Agusta Putri Anastasia
zoom-in Peringatan Dini BMKG Jumat, 22 Oktober 2021: Waspada 25 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem
Grafis/Rahmandito Dwiatno
Ilustrasi prakiraan cuaca - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Jumat (22/10/2021). Waspada 25 wilayah berpotensi alami cuaca ekstrem. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan, Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk besok, Jumat (22/10/2021).

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Sirkulasi Siklonik terpantau di perairan Timur Filipina - Filipina bag Tengah, Laut Natuna Utara, di Selat Karimata dan di perairan Barat Bengkulu yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Lampung hingga perairan Barat Daya Lampung, di Bengkulu bag Utara, dari Laut Natuna Timur hingga Kalimantan Utara, dari Kalimantan Utara hingga Laut Sulawesi, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, dan di Perairan Barat Bengkulu - Lampung.

Selain itu, daerah konfluensi juga terpantau di Kep. Bangka Belitung, Kalimantan bag Timur, Selat Makassar bag Utara, Laut Sulawesi, Sulawesi bag Utara, perairan Utara Halmahera, Laut Maluku dan Laut Banda.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, Sumatera Utara hingga Selat Malaka, di Jawa Tengah, di perairan Selatan NTB, di NTT, di Sulawesi Utara, dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tengah bag Selatan, dan di Papua.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Jumat, 22 Oktober 2021: Waspada Potensi Hujan di 25 Daerah Indonesia

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Jumat, 22 Oktober 2021: Banda Aceh dan 3 Kota Lain Berpotensi Alami Hujan Petir

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Jumat, 22 Oktober 2021 hingga Sabtu, 23 Oktober 2021:

Jumat, 22 Oktober 2021

BERITA REKOMENDASI

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatra Utara

- Sumatra Barat

- Riau

- Bengkulu

- Jambi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas