Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Jumat, 22 Oktober 2021: 25 Wilayah Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem

BMKG merilis peringatan dini untuk hari ini, Jumat 22 Oktober 2021, terdapat 25 cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Peringatan Dini BMKG Jumat, 22 Oktober 2021: 25 Wilayah Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem
pixabay.com
Ilustrasi cuaca ekstrem - BMKG merilis peringatan dini untuk hari ini, Jumat 22 Oktober 2021, terdapat 25 cuaca ekstrem yang terjadi di beberapa wilayah. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk hari ini Jumat, 22 Oktober 2021.

Terdapat beberapa wilayah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

Dikutip dari laman resminya, BMKG memprediksi 25 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Dalam narasi disebutkan, hari ini akan terjadi sirkulasi siklonik terpantau di perairan Timur Filipina - Filipina bagian Tengah, Laut Natuna Utara, di Selat Karimata dan di perairan Barat Bengkulu.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG DKI Jakarta, Jumat 22 Oktober 2021: 3 Wilayah Berpotensi Diguyur Hujan

Baca juga: Prakiraan Gelombang Tinggi BMKG Jumat 22 Oktober 2021: 5 Wilayah Perairan Capai 4-6 M

Sirkulasi siklonik terpantau membentuk daerah konvergensi memanjang dari Lampung hingga perairan Barat Daya Lampung, di Bengkulu bagian Utara, dari Laut Natuna Timur hingga Kalimantan Utara, dari Kalimantan Utara hingga Laut Sulawesi, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, dan di Perairan Barat Bengkulu - Lampung.

Selain itu juga terjadi daerah konfluensi yang terpantau di Kep. Bangka Belitung, Kalimantan bagian Timur, Selat Makassar bagian Utara, Laut Sulawesi, Sulawesi bagian Utara, perairan Utara Halmahera, Laut Maluku dan Laut Banda.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, Sumatera Utara hingga Selat Malaka, di Jawa Tengah, di perairan Selatan NTB, di NTT, di Sulawesi Utara, dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tengah bagian Selatan, dan di Papua.

BERITA REKOMENDASI

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang hari ini (22/10/2021):

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Bengkulu

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas